Wow, Ternyata Ini 9 Hal Menakjubkan yang Terjadi Saat Kita Tidur Lelap

By Dionysia Mayang, Senin, 6 Maret 2017 | 11:45 WIB
Cara Tidur Ini Bikin Wajah Lebih Cantik dan Mulus (Dionysia Mayang)

Tidur adalah suatu kondisi istirahat alami setiap makhluk hidup. Namun, pernahkah kita membayangkan, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh saat kita sedang tertidur? Benarkah ketika tidur tubuh melakukan pembersihan racun (detox) sesuai polanya?

Nah, untuk tahu lebih lanjut, berikut ini ada 9 hal menarik yang terjadi pada tubuh saat kita tidur lelap. Jadi, bukan hanya mimpi, lo. Yuk, simak sama-sama.

1. Otot Kebas

Ketika kita masuk pada rapid eye movement (REM) yang merupakan fase dari tidur paling lelap, otot-otot dari tubuh kita akan lumpuh dan berhenti bekerja, sehingga kita akan susah bergerak. Ada gangguan tidur dimana otot masih berhenti bekerja sesaat setelah bangun tidur yang dialami penderita narcolepsy.

Baca: Sering Tersentak Saat Tidur? Ini Sebabnya

2. Mata Bergerak dalam Kecepatan Penuh

Semua fase tidur bertujuan untuk mengistirahatkan seluruh organ tubuh dan menjaganya tetap sehat. Ada lima tahap saat tidur yang masing-masing lebih dalam dari tahap sebelumnya, dan ketika kita sampai pada tahap terakhir kita akan kembali pada tahap pertama.

Tahap akhir yaitu REM yang terjadi setidaknya 60-90 menit setelah kita terlelap, dan secara tidak sadar mata kita bergerak dalam kecepatan penuh dan pikiran kita fokus pada mimpi.

Baca: Ciri-ciri Gangguan Tidur

3. Keluarnya Hormon Pertumbuhan

Saat kita tidur, hormon yang bertugas meregenerasi tulang, otot, dan sel tubuh kita akan bekerja. Termasuk juga akan bekerja ekstra pada luka yang ada pada tubuh kita. Pada usia muda, pertumbuhan tubuh juga akan cepat terjadi pada saat kita tidur.

Baca: Sering Sulit Tidur? Hati-Hati, Insomnia yang Terus-Menerus Bisa Mematikan

4. Tenggorokan Menyempit

Otot tenggorokan yang membuka saat kita sedang terbangun akan menyempit saat kita sedang tidur. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kita mendengkur saat terlelap.

Baca: 4 Tahap yang Menandakan Tidur Anda Berkualitas

5. Menggertakkan Gigi

Fenomena ini bernama bruxism. Memang tak terjadi pada setiap orang, tapi ada beberapa orang yang terbangun dengan merasakan sakit pada rahangnya karena secara tidak sadar menggertakkan gigi saat tidur.

Baca: Hati-hati! Sering Terbangun di Malam Hari Pertanda Tubuh Alami Gangguan Berikut

6. Merasakan Gairah Seksual

Baik perempuan maupun laki-laki, keduanya pasti pernah mengalami gairah seksual yang muncul saat sedang tidur, lo. Hal ini terjadi karena saat REM otak memerlukan oksigen lebih banyak dan juga aliran darah yang lebih kencang. Alhasil, organ tertentu termasuk kelamin kita juga akan merasakan gairah seksual.

Baca: Metode Pengobatan Penyakit Kronis Sesuai Jam Tubuh

7. Mimpi

Ternyata, mimpi berasal dari akumulasi pikiran kita yang dituangkan saat kita sedang tidur. Namun, peneliti belum bisa memastikan mengapa kita bisa memimpikan sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya.

Baca: Jangan Salah Kaprah, Inilah Jumlah Waktu Tidur yang Dibutuhkan

8. Tiba-tiba Mendengar Ledakan

Sindrom kepala meledak sangat jarang terjadi, namun bisa saja kita alami. Bila ini terjadi pada kita, kita akan merasakan ledakan kencang yang membuat kita terbangun dan membuat kita ketakutan dan stres. Namun tenang saja, sebenarnya tak ada masalah pada otak kita.

9. Mendetoks Otak

Peneliti dari Universitas Rochester menemukan bahwa ketika kita sedang tidur, otak akan menghapus memori yang tak perlu. Sistem tersebut dinamakan sistem glymphatic, yang akan membuat kita menghapus informasi yang tak penting dan mengumpulkan memori penting serta memperbaharui hubungan informasi di otak kita.

Sumber : www.brightside.me