Mudah, 2 Cara Tes Fleksibilitas Tubuh dan Kesehatan Tulang yang Bisa Dicoba

By nova.id, Selasa, 20 Juni 2017 | 09:30 WIB
Sit to stand (nova.id)

Hidup sehat tidak hanya bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh saja. Tapi, harus diimbangi dengan olahraga dan hidup aktif bergerak. Kombinasi ini akan membuat kesehatan tulang, sendi, dan otot terjaga.

Namun, minimnya informasi dan kurangnya kesadaran membuat masyarakat masih abai akan menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendinya. Padahal, menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi harus dilakukan sedini mungkin agar tidak terserang osteoporosis saat usia bertambah.

Nah, untuk mengetahui kondisi fleksibilitas tulang, sendi dan otot, kita pun bisa menggunakan cara sederhana berupa tes fleksibsilitas baik untuk tubuh bagian atas maupun bawah.

Baca: 6 Gerakan Latihan Menjaga Kesehatan Tulang untuk Cegah Osteoporosis

Tes Fleksibilitas Atas

Tes ini biasanya disebut dengan backstretch. Caranya yakni dengan mengangkat tangan yang dominan (misalnya tangan kanan) ke atas dan meletakannya di punggung.

Sedangkan tangan kiri (tangan yang tidak dominan) posisinya dibawah dan diletakkan di punggung. Coba dan rasakan apakah antara tangan kanan  dan kiri bisa saling menyentuh atau tidak. 

Apabila jaraknya tidak terlalu jauh dan bisa menyentuh sedikit, hal ini menandakan bahwa fleksibilitas tubuh bagian atas sesuai dengan usia dan normal. Namun, apabila tidak bisa bersentuhan maka Anda perlu melakukan aktivitas fisik lebih sering daripada biasanya.

Baca: Mau Tulang Sehat? Kenali dan Cukupi Nutrisinya!

Tes Fleksibilitas Bagian Bawah

Tes yang kedua ini biasa disebut dengan sit to stand. Fungsinya, untuk mengetahui fleksibilitas tubuh bagian bawah.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan melakukan posisi duduk-berdiri-duduk dengan posisi tangan disilangkan ke depan selama satu menit. Dalam kurun waktu satu menit, Anda harus menghitung berapa kali Anda bisa melakukan hal tersebut. 

Apabila, jumlah sit to stand Anda kurang dari 37 kali, hal ini menandakan bahwa fleksibilitas tubuh Anda masih kurang. Apabila jumlah sit to stand berada pada kisaran 37-50 kali, menandakan bahwa fleksibilitas tubuh Anda normal dan dalam keadaan baik.

Laili Ira Maslakhah/NOVA.id