Alasan Kulit Tetap Harus Diolesi Tabir Surya Walau Beraktivitas di Dalam Ruangan

By Dionysia Mayang, Rabu, 15 Maret 2017 | 02:30 WIB
Temukan jawaban seputar perlukah mengoleskan pelembap saat memakai BB krim yang sebenarnya. (Dionysia Mayang)

Biasanya, kita akan menggunakan tabir surya atau sunblock ketika akan melakukan aktivitas di luar ruangan yang membuat kita terpapar sinar matahari. Namun ternyata, kita tetap harus menggunakan sunblock ketika berada di dalam ruangan, lo.

Menurut Dr. dr. Srie Prihianti, SpKK., PhD., spesialis kulit dan kelamin, kita harus tetap menggunakan sunblock walau sedang berada di tempat teduh, di dalam ruangan, atau ketika cuaca sedang mendung sekalipun.

Baca: Rutin Oleskan Madu Ampuh Atasi Kulit yang Menggelap karena Matahari

“Jadi, UV rays tidak semua panjang gelombangnya visible, kebanyakan gelombang UV adalah invisible dan tidak bisa kita lihat,” jelasnya.

Sinar ultraviolet juga tidak tergantung pada suhu dan panas lingkungan. Sehingga ketika saat kita sedang berada di tempat teduh atau mendung, paparan gelombang UV tetap ada, namun tidak bisa kita lihat.

Baca: Sering Diabaikan, Padahal Menggunakan After Sun Lotion Penting untuk Kulit

Dr. Srie juga menambahkan, semakin tinggi altitude atau misalnya sedang mendaki gunung, pancaran matahari justru akan semakin kuat. Jadi, berada di dataran tinggi atau ketinggian justru membuat kita harus semakin rutin menggunakan tabir surya.

“Kalau misal aktivitas memang di luar sepanjang hari, bisa gunakan sunblock dengan SPF yang lebih tinggi,” sarannya.

Nah, sudah tahu, kan alasan mengapa kulit kita tetap harus diolesi tabir surya meski beraktivitas di dalam ruangan?