Sunblock Lotion Atau Semprot, Mana yang Lebih Efektif dan Aman?

By Dionysia Mayang, Sabtu, 18 Maret 2017 | 07:30 WIB
Sunblock Lotion Atau Semprot, Mana yang Lebih Efektif dan Aman? (Dionysia Mayang)

Berbagai produk sunscreen dijual di pasaran dan bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kita. Dari berbagai produk tersebut, mungkin kita dibuat bingung dengan pilihan mana yang lebih efektif, apakah sunblock dengan bentuk losion atau semprot.

Dr. dr. Srie Prihianti, SpKK., PhD., dokter spesialis kulit dan kelamin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) ini menjelaskan bahwa keduanya pada dasarnya memiliki efektivitas yang sama.

“Masalahnya adalah pada seberapa banyak kita menggunakan sunblock tersebut,” jelasnya.

Sebenarnya, pada sunblock yang berbentuk losion atau krim akan lebih mudah kita hitung takaran yang tepat untuk kita gunakan, yaitu setidaknya satu sendok teh untuk setiap bagian tubuh kita.

“Pada sunnlock yang berbentuk spray, tentunya kita harus menyemprotkannya beberapa kali,” jelasnya.

Menyemprot sunblock berbentuk spray sebanyak beberapa kali bertujuan untuk mendapat SPF atau PA sesuai yang tertera pada label kemasan produk. Namun, secara efektivitas pada dasarnya sama. Kita juga bisa lo, mengkombinasikan sunblock berbentuk krim atau losion dengan yang berbentuk semprot, agar hasilnya lebih maksimal.