Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Jogging

By Dionysia Mayang, Sabtu, 18 Maret 2017 | 03:30 WIB
Hobi Olahraga Lari Cegah Bahaya Dehidrasi dan Overhidrasi 2 (Dionysia Mayang)

Jogging atau lari secara rutin akan memberi banyak manfaat bagi tubuh, seperti menguatkan jantung, daya tahan tubuh meningkat, dan juga menjaga stamina tubuh. Namun, ada beberapa hal yang kerap kita lakukan tapi justru malah membuat manfaat jogging hilang.

Perhatikan 5 hal yang seharusnya tidak kita lakukan sebelum jogging berikut.

1. Peregangan Statis

Kebanyakan dari kita masih mempraktikkan peregangan tubuh seperti yang sudah didapatkan saat di bangku sekolah atau yang dilakukan pada umumnya. Penelitian terbaru menemukan bahwa ternyata peregangan secara statis tak baik bagi kita yang menyukai olahraga lari. Lebih baik, lakukan pemanasan yang dinamis, misalnya dengan mengombinasikan peregangan pada beberapa area tubuh.

Baca: Trik Memilih Sepatu Olahraga yang Benar Agar Lutut Tak Cedera

2. Makan Terlalu Banyak

Jangan makan terlalu banyak sebelum melakukan olahraga lari. Asupan karbohidrat memang baik bagi kita yang hobi olahraga lari, namun jika porsinya terlalu banyak tentu tak baik bagi perut kita. Konsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup dan jangan berlebih, namun juga jangan sampai kurang karena berlari tentunya membutuhkan energi.

Baca: 4 Bahaya Bila Tak Segera Ganti Legging Usai Olahraga

3. Terlalu Banyak atau Kurang Hidrasi

Jangan sampai melupakan bahwa tubuh kita harus tetap terhidrasi, apalagi bila kita akan mulai berolahraga. Namun, jangan sampai asupan air putih berlebihan, karena overhidrasi sangat berbahaya bagi tubuh kita. Lebih baik hindari juga minuman dengan pemanis dan pewarna buatan yang bisa menjadi racun di tubuh kita.

4. Lupa ke Toilet

Jangan abaikan buang air sebelum mulai berolahraga. Selain itu, usahakan tidak mengonsumsi minuman dan jangan lupa untuk buang air terlebih dahulu 30 menit sebelum mulai berlari. Tentunya akan menjadi masalah pada organ kemih kita, bila kita menahan kencing selama berlari.

Baca: 4 Skincare Wajb Bagi Perempuan yang Gemar Berolahraga

5. Memaksakan Diri