Wow! Menyapu dan Mengepel Ternyata Bakar 250 Kalori Per Jam

By nova.id, Senin, 20 Maret 2017 | 12:00 WIB
Begini Seharusnya Bersihkan Lantai Usai Banjir Agar Bebas Kuman (nova.id)

Aktivitas beres-beres rumah apa saja yang berpengaruh terhadap proses pembakaran kalori tubuh dan membuat tubuh lebih fit? Ternyata menyapu dan mengepel lantai bakar 250 kalori per jam.

Berikut uraian dr. Meirawan Zam’a Natsir dari RS Pertamedika Sentul City, Bogor.

Baca: 5 Jenis Olahraga yang Gampang Dilakukan dalam Waktu Singkat

1. Menyapu

Menyapu menjadi suatu kegiatan rutin yang penting dilakukan agar rumah tetap bersih. Menyapu berbagai ruangan di rumah juga membuat lantai jadi bebas debu dan kuman.

Mungkin belum banyak yang tahu, ternyata kegiatan menyapu dapat membakar kalori sekitar 150-250 kalori per jam!

Agar jumlah kalori yang dibakar dapat maksimal, upayakan untuk menyapu seluruh area lantai rumah, termasuk bagian kolong sofa, lemari dan sebagainya.

Begitupun area teras atau halaman rumah juga perlu dibersihkan. Tak sedikit orang yang menyapu rumah 1-2 kali dalam sehari.

Semakin banyak frekuensi dan durasi menyapu maka semakin banyak pula kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Kalori yang dikeluarkan kala menyapu setidaknya setara dengan yoga.

2. Mengepel Lantai

Setelah menyapu, biasanya aktivitas beres-beres rumah dilanjutkan dengan mengepel. Kegiatan ini dilakukan agar lantai menjadi makin bersih, “cling” dan bebas dari kuman penyebab penyakit.

Saat mengepel, otot yang  bekerja di antaranya upper arm (otot lengan depan bagian atas), core (otot inti) dan abs/abdomens (otot perut).

Nah, aktivitas mengepel lantai ini ternyata dapat membakar 350 – 400 kalori per jam. Kalori yang dikeluarkan saat mengepel ini setara dengan latihan menari selama 45 menit.