Buta Mendadak, 1 dari 7 Hal yang Bisa Terjadi Karena Gunakan Ponsel Sebelum Tidur

By , Minggu, 21 Mei 2017 | 05:00 WIB
Bahayanya Membiarkan Ponsel Menyala Saat Tidur (Nova)

Rasanya ponsel tidak bisa terlepas dari seluruh aktivitas kita saat ini. Bahkan saat bangun pagi dan sebelum tidur di malam hari, benda yang kita pegang pertama dan terakhir adalah ponsel. Ternyata menggunakan ponsel menjelang tidur sangat berbahaya untuk kesehatan mata, apalagi dalam keadaan pencahayaan di sekitar kita sangat kurang. Texting atau menggunakan ponsel selama berjam-jam dalam kegelapan bisa benar-benar menyebabkan kebutaan. Kondisi detasemen retina bisa terjadi, yaitu kondisi di mana retina terlepas dari bagian belakang mata.

Berikut adalah 7 hal yang terjadi ketika kita menggunakan ponsel sebelum tidur:

1. Saat kita berbaring menghadap satu sisi sambil menggunakan ponsel, ini menyebabkan satu mata kita terfokus dengan layar ponsel. Sehingga membuat mata kita terblokir dengan cahaya buatan tersebut. 2. Mata kita lama kelamaan akan menyesuaikan dengan cahaya kegelapan yang sebetulnya tidak baik untuk kesehatan mata.

(Baca: Efek Buruk Sinar Biru di Layar Ponsel pada Mata dan Cara Mengatasinya)

3. Otak sebetulnya sudah didesain dengan pemahaman terang adalah siang hari dan gelap adalah malam hari.  Nah, saat mata melihat cahaya pada ponsel yang dipahami otak adalah siang, sementara latar belakang kita adalah gelap karena lampu kamar dimatikan menjelang tidur, maka otak menjadi bingung.

4. Cahaya ponsel didominasi cahaya biru yang bersifat lebih merusak dari jenis cahaya lainnya. Tak heran, menggunakan ponsel sebelum tidur di malam hari bisa mengakibatkan kebutaan.

5.Orang-orang yang terpapar cahaya biru berlebih mengalami tingkat kemunduran kesehatan mata yang tinggi. Inilah salah satu penyebab utama kebutaan mendadak.

(Baca: Bahayanya Membiarkan Ponsel Menyala Saat Tidur) 6. Dalam beberapa kasus, penggunaan ponsel sebelum tidur membuat mata seseorang berusia 35 tahun berubah kualitasnya menyerupai mata usia 75 tahun, dan ini sudah terbukti melalui beberapa penelitian. 7. Selain merusak mata, beberapa studi menemukan hubungan antara cahaya biru dan beberapa jenis kanker, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.  

Jadi, sebaiknya hindari penggunaan ponsel sebelum tidur di malam hari agar kesehatan mata tetap terjaga.