Tak Disangka, 7 Makanan Ini Ampuh Hancurkan Lemak dan Turunkan Berat Badan

By , Minggu, 25 Juni 2017 | 03:00 WIB
Riset: Perut Berlemak Tetap Berisiko Kematian Meski Berat Tubuh Normal (Nova)

Saat berniat menurunkan berat badan, kita diharuskan untuk dengan sadar melakukan gaya hidup sehat. Termasuk juga pola makan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Tapi di saat senggang menunggu waktu makan siang atau makan malam, kita kerap tak bisa melepaskan diri dari camilan yang sebetulnya justru bisa menimbun lemak di tubuh.

Dilansir dari healthmagazine, ada beberapa cara mudah untuk mengontrol berat badan dan lemak membandel lekas hilang.

Salah satunya dengan mengonsumsi 7 jenis makanan penghancur lemak ini.

1. Telur

Sebutir telur bukan hanya sebagai pembangkit tenaga gizi, tapi juga sarat dengan protein yang dapat mengekang nafsu makan. Makanlah telur pada saat sarapan atau di sela makan pagi dan siang.

Telur mata sapi mengandung sekitar 330 kalori dan bisa "menghidupi" kita saat beraktivitas di sepanjang hari. 

Tips: Gorenglah telur di wajan antilengket untuk mendapatkan telur yang sehat. Olesi sedikit minyak pada wajan untuk telur yang renyah tanpa banyak lemak. 

(Baca: Doyan Makan Telur Setiap Hari? Rasakan 9 Perubahan Menakjubkan Ini di Tubuh)

2. Cokelat Murni

Ternyata, cokelat murni memiliki senyawa yang mampu memperlambat pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Sepotong kecil cokelat yang mengandung 170  kalori juga dapat mengurangi keinginan kita untuk mengkonsumsi makanan yang asin, manis, dan berlemak. 

(Baca: Studi Terbaru: Susu Cokelat Minuman Terbaik Setelah Berolahraga)

3. Kacang Pinus

Menurut para peneliti di Korea, lemak pada kacang pinus dapat meningkatkan hormon kenyang yang membuat perut cepat merasa kenyang lebih lama.

Asam lemak yang sama juga menjaga lemak perut tetap stabil. 1/2 ons (sekitar 84 kacang) mengandung 95 kalori.

4. Keju Feta

Keju kambing segar atau feta dalam dosis Conjugated Linoleic Acid (CLA) dapat membantu kita cepat merasa kenyang dan membakar lebih banyak lemak.

1 ons keju feta mengandung 76 kalori.

5. Susu

Kebanyakan dari kita berpikir susu hanya untuk pertumbuhan anak-anak dan jika dikonsumsi orang dewasa mengandung lemak yang menambah lingkar perut.

Padahal sesungguhnya, susu juga memberikan dampak positif bagi orang dewasa. Protein susu (whey dan kasein) dapat membuat kita merasa lebih kenyang dibandingkan minuman manis lainnya.

1 cangkir susu mengandung 86 kalori.

(Baca: Tak Doyan Susu? Ganti dengan 5 Makanan Ini Agar Kalsium Tercukupi)

6. Jeruk

Jeruk yang memiliki 59 kalori per buahnya kaya akan serat. Orang yang makan lebih banyak serat memiliki timbunan lemak yang sedikit.

Para peneliti di Australia juga menyatakan, buah yang kaya akan vitamin C ini berada di peringkat tertinggi dalam menciptakan rasa kenyang.

(Baca: Cocok Untuk Diet! 10 Buah dan Sayur Ini Memiliki Kandungan Nyaris Nol Kalori)

7. Kentang

Kentang tinggi akan karbohidrat. Fakta ini mungkin menjadikannya buruk, tetapi jenis makanan ini ternyata layak untuk menjadi sahabat diet kita.

Satu buah kentang yang mengandung 161 kalori sama seperti kita mengkonsumsi tiga lembar roti tawar. Itulah mengapa dibandingkan makanan yang lain ia memiliki indeks kenyang lebih baik.

Plus, pati resisten dalam kentang juga membantu tubuh membakar lemak.