Konsumsi Gorengan Saat Sahur, Picu Ngantuk di Siang Harinya?

By , Sabtu, 17 Juni 2017 | 03:00 WIB
Konsumsi Gorengan Saat Sahur, Picu Ngantuk di Siang Harinya? (Nova)

Kenapa orang merasa mengantuk atau lemas usai menyantap menu sahur?

Menurut Wahyu Budi Triana, S.Gz, RD, spesialis gizi RS Permata Pamulang, selain karena kebiasaan, rasa mengantuk ini juga dipengaruhi oleh faktor makanan yang dikonsumsi.

Misalnya, mengonsumsi makanan sumber karbohidrat sederhana (contohnya nasi) yang berlebihan. Biasanya, ini dilakukan karena takut merasa lapar di siang harinya.

(Baca: 5 Cara Bangun Sahur Lebih Segar dan Tidak Kesiangan)

Konsumsi gorengan juga bisa menyebabkan kantuk. Pasalnya, ini akan menyebabkan konsentrasi tubuh terpusat mengolah makanan tersebut sehingga suplai oksigen ke otak menurun dan menyebabkan kantuk.

"Mengonsumsi gula atau minuman manis sewaktu sahur juga akan membuat tubuh cepat lemas. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan instan, tapi hanya untuk sementara saja. Jadi, untuk minuman sebaiknya konsumsi air putih," saran Wahyu.

(Baca: Kata Pakar, Ini 5 Tips Memilih Makanan Sahur agar Kenyang Lebih Lama)

Untuk berbuka puasa, boleh-boleh saja menyajikan menu manis seperti kolak atau teh manis.

"Tapi sewajarnya saja, misal segelas teh manis atau segelas kolak," saran Wahyu. Konsumsi makanan atau minuman manis yang berlebih hanya akan membuat tubuh menjadi lemas lagi dan gampang haus, selain membuat asupan kalori yang masuk juga tinggi.