4 Dampak Gangguan Hormon Pada Perempuan, Dari Tumbuh Bulu Hingga Sulit Nikmati Seks

By Ade Ryani HMK, Jumat, 2 Juni 2017 | 08:30 WIB
Sering Stres dan Tak Bergairah Saat Seks, Mungkin 5 Hormon di Tubuh Ini Penyebabnya (Ade Ryani HMK)

Bagi sebagian perempuan. masa menstruasi merupakan saat-saat yang bisa mengganggu aktivitas kita, bahkan terkadang kita berharap agar tak perlu merasakan menstruasi.

Namun, menstruasi yang datang tak tentu justru merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan, terutama sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS).

PCOS adalah sebuah kondisi di mana menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan meningkatkan hormon androgen seperti testosterone.

(Baca: Ini Kondisi Perempuan yang Tak Boleh Diberikan Terapi Hormon untuk Atasi Menopause)

Kondisi ini dialami oleh 10 persen perempuan berusia 18 - 44 tahun, seperti yang disebutkan dalam data dari National Institute of Health.

Tak hanya membuat kita harus membawa pembalut tiap saat karena menstruasi bisa datang mendadak, namun PCOS juga memicu keluhan lain seperti naiknya berat badan dan munculnya jerawat.

Bahkan, menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa PCOS bisa menyebabkan ketidaksuburan.

(Baca: Suka Minum Soda untuk Memperpendek Durasi Menstruasi? Ini Akibatnya Pada Kesuburan)

Selain itu, PCOS juga bisa mengganggu kehidupan seksual kita, lo. Ini buktinya:

Menstruasi Datang Tiba-tiba

Karena PCOS, maka menstruasi bisa datang di saat yang tidak kita duga, seperti yang dijelaskan oleh Mary Jane Minkin, MD., profesor obgyn dari Yale University of Medicine.

Tak Bisa Menikmati Hubungan Seks