6 Kesalahan Ini Wajib Dihindari Jika Tak Mau Anak Jadi Pemberontak

By , Senin, 24 Juli 2017 | 14:41 WIB
Pentingnya orangtua menghabiskan waktu bersama si buah hati (Nova)

NOVA.id - Orangtua pasti tak ingin membuat anak-anaknya jadi manja atau tidak tangguh.

Tetapi karena begitu sayangnya kepada si buah hati, kita sebagai orangtua sering salah langkah dalam mengasuh anak-anaknya.

Kesalahan pola asuh pada anak, bukan saja berpengaruh pada cara anak menjalankan kehidupannya, namun berpengaruh juga terhadap pembentukkan karakter si anak.

Berikut 6 kesalahan fatal yang sering kita lakukan sebagai orangtua beserta dampaknya.

1. Fokus Pada Kekurangan Ketika anak bercerita kalau nilainya empat (terbesar nilai 10), orangtua akan cenderung fokus pada 6 soal yang salah.

Dampak: Anak akan sulit mengapresiasi kebaikan yang dilakukan orang lain jika tidak sesuai dengan standar yang diharapkannya.

2. Mengancam, Tapi Tidak Melakukan

(Baca juga: Tips Mendidik Anak Tukang Bantah dari Psikolog) Ketika anak berulang kali melakukan hal yang diminta, orangtua kemudian mengeluarkan jurus pamungkasnya yaitu melontarkan ancaman.

“Ayah buang gadgetnya kalau tidak berhenti”. Kenyataannya anak terus bermain dan gadget tidak dibuang.  

Dampak: Anak belajar bahwa ancaman orang tua tidak berdampak apa-apa. Semakin sering dilakukan, tidak ada harganya kata-kata yang diucapkan orang tua. Anak tumbuh menjadi orang yang abai terhadap aturan.

3. Pembiaran (terhadap hal-hal yang salah) Banyak perilaku tidak pantas yang dilakukan anak seperti suka memaki, memukul orang, merusak, dan mengambil barang orang lain.

Sudah seharusnya orangtua perlu waspada dan tidak abai bila anaknya melakukan salah satu tindakan seperti itu.