Bangga Anaknya Cum Laude, Tukang Sate Tawarkan Makan Gratis di Area Wisuda

By Amanda Hanaria, Minggu, 15 Oktober 2017 | 13:30 WIB
Jalaludin dan anaknya, Siti Maesaroh, membagi-bagikan sate ayam dan lontong di arena wisuda sebagai tanda syukur. (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Orangtua mana yang tidak bangga melihat anaknya berprestasi?

Demikian halnya dengan Jalaludin (55), seorang penjual sate ayam keliling, yang menyaksikan anaknya wisuda dengan nilai tertinggi di Universitas Tidar (Untidar) Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jalal tak kuasa menahan haru saat nama putrinya, Siti Marfuah (26), dipanggil ke podium menerima penghargaan dari rektor Untidar sebagai salah satu wisudawati terbaik.

Lebih bangga lagi, Siti tidak malu ikut mendorong gerobak sate dari rumah ke kampus pada acara wisudanya, Sabtu (14/10).

Siang itu, Jalal sengaja membawa gerobak satenya ke kampus, lalu membagi-bagikan sate lontong gratis kepada seluruh wisudawan maupun tamu undangan.

Ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan karena Siti berhasil menyelesaikan pendidikan D3 Ekonomi Akutansinya, dengan indeks prestasi komulatif (IPK) 3,87 alias cum laude.

"Ini syukuran kami. Saya bawa 100 porsi sate ayam, pakai gerobak yang biasa saya pakai jualan. Saya bagikan gratis pada wisudawan, tamu atau siapapun yang mau sate, saya ikhlas," kata Jalal.

Baca juga: Kunjungi Rumah Calon Besan di Medan, Rombongan Presiden Jokowi Sempat Dibuat Panik, Ternyata Ini Penyebabnya...

 Jalal mengaku bangga dengan putri ketiganya itu. Sejak sekolah dasar memang sudah berprestasi meraih peringkat 10 besar.

Ketika duduk di bangku SMP 3 Magelang dan SMA 3 Magelang, Siti langganan juara umum di sekolahnya.

Saat kuliah pun, Siti kerap ikut mengikuti perlombaan akademis.

Tidak hanya berprestasi, kata Jalal, Siti juga merupakan anak yang mandiri. Dia nyaris tidak pernah meminta uang untuk biaya kuliah kepada orangtua.