Hati-Hati! Kurang Tidur Ternyata Bisa Berdampak Pada Konsumsi Makanan Berlebih, loh!

By Healza Kurnia, Senin, 19 Februari 2018 | 00:30 WIB
Dampak kurang tidur (istock) (Healza Kurnia Hendiastutjik)

NOVA.id - Saat ingin menjalani program diet, ternyata tidur yang cukup dan sehat memiliki peran penting di dalamnya.

Pasalnya, bila kita tidak cukup tidur, hal ini membuat kita sulit menahan diri untuk tidak makan dalam porsi besar pada saat kita bangun.

Seperti dilansir dari Boldsky, menurut penelitian terbaru para ilmuwan telah mengetahui dengan tepat berapa banyak kalori yang akan kita konsumsi

Baca juga: Gigi Sering Bermasalah? Yuk Hindari dengan Melakukan Cara Ampuh Ini

Apabila kita tidur kurang dari tujuh jam semalam, maka akan menyebabkan kita makan 385 kalori ekstra sehari, yang akan menambahkan satu pon ke pinggang setiap minggu.

Studi tersebut menemukan bahwa kurang tidur sangat berbahaya karena mempengaruhi orang untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan berlemak tinggi keesokan harinya, daripada mengemil buah atau sayuran.

Periset dari King's College London menganalisis 11 studi untuk menentukan apakah durasi tidur dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Baca juga: Ternyata Ini Pentingnya Kenalkan Learning Buddy pada Buah Hati

Mereka mempelajari 172 individu dan menemukan bahwa orang-orang yang tidak cukup tidur mengonsumsi lebih banyak pilihan yang tidak sehat keesokan harinya.

Orang yang berusia 18 sampai 64 tahun disarankan untuk tidur tujuh sampai sembilan jam per malam, menurut National Sleep Foundation, dan para ahli mengatakan ini penting untuk mempertahankan makanan yang sehat.

Dalam penelitian tersebut, orang yang kurang tidur cenderung memilih makanan yang kandungan lemaknya lebih tinggi dan protein lebih rendah.

Oleh karenanya, apabila ingin diet, yuk Sahabat NOVA mulai tidur secara teratur dan sehat agar berat badan tak kembali naik.(*)