Kertas Toilet Tak Cukup Efektif Bersihkan Sisa Kotoran? Ini Penjelasannya

By Winggi, Sabtu, 24 Februari 2018 | 10:00 WIB
Amankah gunakan tisu toilet? (istock) (Winggi)

NOVA.id- Sebagian orang menganggap, menggunakan tisu toilet untuk membersihkan setelah buang air kecil atau besar sudahlah cukup. 

Padahal kenyataannya hal tersebut tidaklah benar-benar cukup. 

Menurut para ahli, menggunakan kertas toilet tidak cukup bersih karena menyeka saja tidak membantu dalam membersihkan dan beberapa kotoran bisa saja tertinggal, melansir India.com. 

Penggunaan kertas toilet yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti infeksi saluran kecing dan celah dubur. 

(Baca juga: Wajib Disimak, Minum Ayamnya Punya Manfaat Bagi Kita Sekeluarga)

Penulis The Big Necessity: The Unmentionable World of Human Waste and Why It Matters, Rose George mengungkapkan keheranannya dengan fenomena ini.

"Saya merasa agak membingungkan bahwa jutaan orang berjalanm dengan anus yang kotor sambil berpikir bahwa mereka bersih." ucapnya. 

Banyak selebriti termasuk Will Smith juga setuju bahwa kertas toilet tidak cukup dan kita harus menggunakan tisu basah atau air. 

(Baca juga: Dengan Samsung Galaxy J Series, Jangan Pernah Bosan Lagi Sambil Menunggu di Mobil)

Penyanyi dan Rapper Will.i.am juga menjelaskan hal ini dengan sebuah contoh saat berbicara dengan Majalah Elle. 

Dia berkata, "Ambil beberapa coklat, bersihkan di atas lantai kayu, lalu coba pasang lap kembali dengan handuk kering. Anda akan mendapatkan cokelat di celah-celah tersebut, itu sebabnya kau harus membersihkan coklat tersebut dengan tisu basah". 

Selain kebersihan, orang juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan tisu basah menurunkan risiko beberapa masalah kesehatan.