Takut Membeli Telur Palsu dan Kurang Baik? Begini Tips Memilih Telur yang Baik!

By Healza Kurnia, Rabu, 21 Maret 2018 | 04:25 WIB
Tenang, Telur Ceplok Tak Lagi Lengket di Wajan Bila Kita Tahu Rahasianya Ini (Healza Kurnia Hendiastutjik)

NOVA.id - Beredarnya kabar terkait telur palsu yang diperjualbelikan di beberapa pasar tradisional sempat membuat sebagian masyarakat resah dan takut dalam membeli telur.

Namun, baru saja melalui Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) menampik adanya informasi yang beredar di masyarakat mengenai peredaran telur palsu di sejumlah pasar tradisional.

Seperti dikutip dari Warta Kota, hal itu setelah dilakukan uji sampel yang dilakukan oleh sudin KPKP di sejumlah pasar tradisional dan tidak ditemukan adanya telur yang dimaksud.

Baca juga: Selain dari Tanggal di Kemasan, Inilah Cara Mengetahui Kapan 10 Jenis Bahan Makanan Ini Kadaluwarsa

Lalu, seperti apa sebenarnya ciri-ciri telur yang baik dan bisa kita lihat secara langsung saat akan membeli telur?

Berdasarkan penjelasan dari Dinas KPKP DKI Jakarta, telur yang berkualitas baik tidak memiliki rongga dalam cangkang telur tersebut.

"Kalau sebelum dipecah warna telur ayam kompak artinya tidak terlalu putih juga tidak terlalu cokelat, itu juga menjadi salah satu tanda telur berkualitas baik," kata Agung Priambodo, Kepala Sudin KPKP DKI Jakarta.

Selain itu, ketika telur dipecah, kuning telur masih terlihat bulat dan sementara putih telurnya juga tidak terlihat cair, rongga udara di dalam telur masih kecil sekali.

Baca juga: Tenang, Kembung Menjelang Menstruasi akan Hilang Bila Kita Melakukan 5 Cara Ini

Sementara itu, Direktur Utama PT Food Station Jaya, Arief Prasetyo Adi menambahkan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membedakan telur asli dan telur palsu.

"Telur dengan kualitas bagus bisa dilihat warnanya baik, kompak, tidak putih. Kalau dipecahkan, kuning telurnya kental, kondisinya kental dan cangkangnya juga kuat," bebernya.

Telur yang masih segar biasanya kulit telurnya mulus, tidak ada retakan.