Mudah Dilakukan, Begini Buat Tubuh Tetap Bugar untuk Perempuan Usia 40

By Alsabrina, Kamis, 26 Juli 2018 | 06:00 WIB
Tubuh bugar di usia 40 tahun. (wundervisuals)

NOVA.id – Kesehatan memang mahal harganya. Sedikit saja tubuh kekurangan vitamin, nutrisi, istirahat dan berolahraga maka rentan terkena penyakit.

Menjaga kebugaran tubuh tentu bukan hanya milik para generasi muda dan usia produktif saja, namun juga bagi kategori masa dewasa akhir serta usia lanjut, yakni 40 hingga 50 tahunan.

Banyak perempuan justru menghindari olah tubuh karena merasa sudah tua sehingga khawatir akan keletihan dan mengalami cedera.

Padahal, berolahraga secara tepat sangat baik menjauhkan kita dari risiko gejala penyakit diabetes, stroke, osteoporosis, jantung dan sebagainya.

Baca juga: Nonton Film Horor Bisa Bermanfaat untuk Kesehatan? Benarkah?

Seperti yang dikatakan oleh Diana Rocha, Instruktur Fitness dan Kordinator Aktivitas dari Vivafit, Indonesia, "Tubuh Anda layaknya sebuah mesin, jika mesin tidak bekerja maka akan berkarat seperti itu pula tubuh kita" ungkapnya saat ditemui oleh Nova.id. 

Perempuan asal Polandia tersebut memang sangat menganjurkan perempuan berusia 40 tahun ke atas untuk menggerakkan tubuhnya setiap hari demi melatih pernapasan, persendian, pembakaran kalori, sistem kekebalan tubuh, penurunan kadar gula darah sekaligus kelancaran peredaran darah dalam cara yang sesuai dan tepat.

Baca juga: Sering Terbangun Pada Jam-Jam Ini? Mungkin Kesehatan dan Psikologis Kita Bermasalah

Diana merekomendasikan latihan gerak tubuh ringan seperti berjalan kaki mengelilingi lapangan atau komplek perumahan pada pagi atau sore hari, atau pergi berjalan ke mall dengan keluarga untuk sekedar melatih otot dan tulang.

Pagi hari sekitar pukul 6 hingga 8 adalah momen tepat untuk melakukan olah tubuh karena cahaya matahari murni banyak mengandung vitamin D, E, K dan lainnya.

"Kebiasaan mengajak cucu bermain di taman sambil berjalan, berenang ataupun yoga juga bisa menjadi alternatif lainnya, yang penting sesuaikan dengan kemampuan atau kondisi fisik tubuh sendiri, jangan juga terlalu kelelahan" saran Diana.

Baca juga: Kulit Terlihat Tua sebelum Waktunya? Ternyata Ini 7 Faktor yang Mempengaruhinya

Tips ini diharapkan Diana bisa membuka persepsi bahwa berolahraga tidak pernah mengenal usia, karena penyakit memang bisa datang kapan saja.

Jadi, cara terbaik mencegah dan menjaga kesehatan serta kebugaran, salah satunya dengan berolahraga.