Gili Lawa Darat Terbakar Akibat Sesi Foto, Ini Dia Tips Aman Memotret

By Healza Kurnia, Jumat, 3 Agustus 2018 | 20:00 WIB
Kebakaran yang terjadi di Gili Lawa Darat, Labuhan bajo, NTT diduga akibat dari sesi pemotretan (instagram/kurniawan_jacks)

NOVA.id - Seiring berkembangnya zaman, konsep pernikahan pun semakin berkembang pesat dan tak sedikit orang yang bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam penyelenggaraan pernikahan, termasuk foto prewed.

Banyak generasi milenial pun yang tak ingin ketinggalan dengan beragam model photo shoot atau gaya foto pre-wedding yang keren dan menarik sehingga menjadi viral dan disukai banyak orang.

Namun, demi mendapatkan view yang bagus dan like yang banyak tersebut, sehingga ada beberapa oknum vendor yang akhirnya sampai mengabaikan keselamatan dan merusak lingkungan yang baru-baru ini terjadi di lahan hutan daerah Gili Lawa Darat, kawasan Labuhan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Mengutip dari salah satu media online nasional, kebakaran tersebut terjadi karena adanya kegiatan foto prewedding yang menggunakan efek api dalam sesi pemotretan di kawasan tersebut.

(Baca juga: Idap Sindrom Dandy Walker, Kepala Bayi Ini Membesar 2 Kali Lipat)

Menanggapi kejadian ini, salah satu expertise di bidang fotografi pernikahan, Oscar sangat menyayangkan dengan kejadian yang saat ini viral diperbincangkan di sosial media.

"Saya selaku pelaku industri fotografi dan vendor fotografi pernikahan sangat menyesalkan hal ini bisa terjadi, terkadang hanya demi mendapatkan like banyak ataufollowers yang tinggi mereka sampai melakukan hal-hal yang bisa membahayakan baik diri sendiri maupun lingkungan sekitar," ungkapnya saat ditemui NOVA dalam acara 5th Bekasi Wedding Exhibition di Grand Galaxy Convention Hall siang tadi (3/8).

Suasana para customer ketika berkonsultasi terkait rencana pernikahan dalam 5th Bekasi Wedding Exhibition di Grand Galaxy Convention Hall, Bekasi Jumat siang ini (3/8) (Healza Kurnia/NOVA)

Dalam kesempatan tersebut, Oscar mengatakan bahwa kejadian ini merupakan sederetan kasus dari cara photoshoot yang tidak benar dilakukan oleh vendor-vendor fotografi.

Ia pun juga mencontohkan seperti salah satu komunitas fotografi drone di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat yang juga akhirnya viral lantaran merusak lingkungan sekitar.

"Ini benar-benar tindakan yang menurut saya sangat keterlaluan bagi vendor fotografi tersebut karena sampai membakar hutan di pulau tersebut," tegasnya.

(Baca juga: Ulang Tahun, Gemas Banget Ekspresi Kala Madali Lihat Birthday Cake!)

Oscar juga menduga kemungkinan vendor fotografi tersebut menggunakan steel wool atau lilin untuk menciptakan efek api saat pemotretan dan itu sangat berbahaya.