Tak Lagi Tabu, Begini Cara Ajarkan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini

By Healza Kurnia, Senin, 20 Agustus 2018 | 18:26 WIB
cara mengenalkan pendidikan seks usia dini pada anak (istock)

 

NOVA.id - Ketika kita berbicara mengenai pendidikan seksual, otomatis kita juga mengajarkan kepada anak bagaimana caranya untuk melindungi diri dan bagian pribadi dari tubuh mereka.

Ada beberapa cara untuk mengajarkan anak agar bisa melindungi diri terutama bagian pribadinya, seperti yang dijelaskan oleh Putu Andani, M. Psi., psikolog dari Tiga Generasi berikut ini.

1. Ajarkan anak agar dapat mengidentifikasi bagian-bagian tubuh yang bersifat pribadi.

Misalnya bagian dada, perut, bokong, pinggul, dan alat kelaminnya.

“Anak perlu juga diberi tahu siapa saja yang boleh menyentuh bagian itu selain dirinya sendiri. Misalnya bagian perut atau dada boleh dipegang oleh dokter ketika melakukan  pemeriksaan di rumah sakit atau oleh ibu yang sedang memandikannya,” kata Putu.

(Baca juga: Badai Pasir di Mekah, Asri Welas Rekam Keadaan Hingga Sempat Panik)

2. Anak perlu diajarkan untuk dapat membedakan good touch dan bad touch.

Good touch semisal ketika teman menepuk punggung anak.

Hal ini merupakan sentuhan baik karena biasanya menepuk punggung merupakan tanda dukungan, semangat, dan memberikan rasa nyaman kepada anak.

Sedangkan bad touch atau sentuhan yang buruk adalah sentuhan yang menimbulkan perasaan takut, cemas, marah, bahkan mual pada diri anak.

“Ketika anak merasakan sentuhan ini, ajarkan anak untuk melindungi dirinya dengan cara berteriak sekencang-kencangnya, melarikan diri, dan mengidentifikasi figur yang dirasa aman untuk berkomunikasi dengan anak. Misalnya guru dan orangtua,” jelas Putu.

(Baca juga: Raisa Umumkan Kehamilan Pertamanya Lewat Unggahan Video Mengharukan)