Si Kecil Sering Ngomong Kurang Sopan Karena Meniru Konten Medsos, Apa yang Harus Dilakukan?

By Alsabrina, Minggu, 4 November 2018 | 08:00 WIB
Si kecil bermain gadget (Imgorthand)

NOVA.id – Apakah Sahabat Nova pernah mendapati si kecil berbicara kurang sopan? Mungkin, sebagian pernah mendengar sang buah hati berbicara demikian. Lalu, apa yang kita – sebagai orang tua – lakukan?

Alih-alih memarahinya, sebaiknya Sahabat Nova menegurnya dengan sopan. Tak hanya itu, perlu diingat pula bahwa anak dibawah 5 tahun atau berusia 5 tahun, masih masuk ke dalam tahap meniru.

Ditemui oleh Tabloid Nova, Rizki Yeti Widiati, psikolog dari Biro Konsultasi Paradigma mengatakan bahwa selain dari orang tua, yang ditiru si kecil bisa jadi segala yang dilihat dan didengarnya dari media sosial (medsos). Tengoklah sebagian tayangan YouTube, vlog yang selama ini dinikmati si kecil.

Baca Juga : Berbeda dengan El dan Dul, Al Ghazali Panggil Irwan Mussry Pakai Sebutan Ini, Belum Terima?

“Kalau anak mengenal gadget sejak usia dini, kemungkinan mereka terpapar medsos akan lebih besar. Dan, semakin banyak waktu yang diluangkan anak dengan bermain medsos, maka semakin besar pula kemungkinan pengaruh medsos terhadap perkembangan bahasa anak.

Meskipun medsosnya masih terbatas, umumnya yang bersifat audio-visual semisal YouTube, karena anak-anak usia dini, kan, masih terbatas kemampuannya dalam membaca dan menulis,” ungkap Rizki Washarti Siregar, psikolog pendidikan dari Yayasan Praktek Psikolog Indonesia.

Lalu, apakah kita harus menjauhkan anak dari medsos?

Baca Juga : Berakhir Direbut Teman Duetnya, Ini Firasat Orang Tua Maia Estianty Tak Restui Nikahi Ahmad Dhani

Tak perlu sampai melarang si kecil bermain media sosial, yang harus dilakukan adalah memberi batasan bagi anak untuk bermain media sosial.

Salah satu caranya adalah dengan penyampaian yang baik dan sesuai zaman.

Misalnya anak-anak banyak yang memanggil guru mereka dengan sebutan “Miss” karena penggunaan bahasa Inggris lebih luas dewasa ini.

Akhirnya, banyak anak memanggil wanita dewasa muda juga dengan sebutan “Miss”. Ini tidak masalah.

Baca Juga : Beri Kalung untuk Keponakan, Dewi Perssik Tulis Semangat Merintis Karir! Sudah Damai?