NOVA.id - Sebagian besar dari kita harus bekerja secara cepat dan tepat.
Hal itu tentu membutuhkan produktivitas kerja yang tinggi agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan benar.
Sebagai solusi, intip 7 cara jitu yang bisa tingkatkan produktivitas kerja dan hidup dari ahli berikut ini.
Baca Juga: Stop Jadi Perempuan Sein Kanan tapi Belok Kiri, Ini 4 Cara Agar Bugar dan Konsentrasi Naik Motor
1. Prioritas
Ini adalah cara jitu pertama dan terutama yang harus kita lakukan untuk meningkatkan produktivitas.
Kebanyakan kita mengerjakan banyak hal dengan waktu yang sedikit hingga tak punya kesempatan untuk berpikir.
Semakin kita tak punya waktu berpikir maka semakin tak produktif, karena itu batasi pekerjaan atau hal yang dilakukan sesuai prioritas saja dan miliki waktu untuk berpikir serta berencana.
Baca Juga: Tak Perlu Panik Kulit Rewel, Tenangkan dengan Aloe Gel Lokal Ini
2. Istirahat yang Cukup
Ketika kita kelelahan akibat istirahat yang kurang, maka semua pekerjaan akan terasa 2 kali lebih banyak dan berat untuk diselesaikan.
"Memiliki istirahat yang cukup adalah kunci produktivitas!" Ujar Pakar Produktivitas, Moya Scoot.
Setiap 25 menit kita perlu ambil waktu rehat sejenak sebelum memulai kerja atau aktivitas lainnya, jangan lupa juga istirahat yang cukup di malam hari.
Baca Juga: Jatuh Hati pada Suami Orang, Elly Sugigi Sesumbar Mau Jadi Istri Kedua: Gua Cinta Mati sama Aldo!
3. Matikan Handphone
Bagi kebanyakan orang di tahun 2019, handphone adalah musuh terbesar yang menganggu konsentrasi.
"Setiap kali menggunakan handphone kita kerap kehilangan fokus yang membuat energi dan waktu." Ujar Moyra.
Jika tak perlu, matikan saja handphone atau dilihat sesuai kebutuhan.
Baca Juga: Pisah dari Iyan Sambiran Sejak Kecil, Anak Tiri Nunung Belum Boleh Jenguk Sang Ayah
4. Teknik Podomoro
Teknik podomoro adalah rehat sejenak selama 25 menit.
Ambil waktu tenang dan bebaskan jiwa dari pekerjaan.
Jika dilakukan dengan baik, hal ini akan meningkatkan produktivitas kerja maupun aspek kehidupan lainnya.
5. Dengarkan Musik
Mendengarkan musik dapat membuat kita lebih rileks dalam bekerja.
Coba putar lagu kesukaan yang memiliki makna positif untuk kita.
Nikmati sambil bekerja selagi bisa dan diizinkan oleh atasan.
Baca Juga: Fakta Menarik Film Komedi Pretty Boys yang Digarap Penyanyi Tompi
6. Atur Email
Hapus email masuk yang tak perlu.
Pastikan email yang masuk adalah hal-hal penting.
Balas segera sesuai tingkat keperluan.
Baca Juga: Anak Jennifer Jill Unggah Foto Ayah Kandung, Belum Terima Ajun Perwira Jadi Papa Tiri?
7. Jalin Kerja Sama
Jalin kerja sama dengan orang yang sekiranya bisa membantu kita.
Terkadang, tidak semua pekerjaan bisa kita selesaikan sendirian.
Nah, saat itu jangan ragu untuk meminta bantuan teman. (*)
Source | : | Metro.co.uk |
Penulis | : | Jenny |
Editor | : | Winggi |
KOMENTAR