NOVA.id - Aplikasi pemesanan tiket kereta api milik KAI mengalami gangguan pada hari Senin, (02/09) kemarin.
Bukan hanya aplikasi, bahkan website KAI dan juga channel penjualan resmi KAI lainnya juga mengalami hal yang sama.
Gangguan tersebut pun membuat pembelian tiket secara online tidak bisa dilakukan.
Baca Juga: Yuk, Coba 3 Ide Me Time Ini agar Weekend Makin Seru
Adanya gangguan ini, melalui akun Twitternya pihak KAI meminta maaf dan menjelaskan alasan yang terjadi.
Disebutkan jika gangguan sistem pemesanan tiket kereta api secara online tersebut karena tingginya traffic yang ke database dari Rail Ticketing System, melansir Tribun Travel.
Dengan begitu terjadi hambatan pemesanan tiker kereta api , baik pemesanan yang dilakukan di stasiun maupun secara online.
Baca Juga: Bima Aryo Sibuk Siapkan Pernikahan, Anjing Kesayangannya Serang ART Hingga Tewas
Akibatnya pelayanan kepada penumpang seperti proses check in, boarding, dan penjualan tiket go-show dilakukan secara online.
VP Publick Relation KAI Kuswoyo, mengungkapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang telah terjadi kepada pelanggan KAI.
"KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Tim kami di lapangan sedang berusaha semaksimal mungkin untuk segera menangani gangguan yang terjadi agar pelayanan tiket dapat kembali normal," ujar VP Public Relations KAI Edy Kuswoyo.
Baca Juga: Tiket Dijual dengan Harga Rp5 Ribu pada Mega Premier, Ini 3 Fakta Menarik Film Warkop DKI Reborn 3
Melansir TribunTravel dari laman Kompas, sejak Senin malam sistem pemesanan tiket kereta api sudah pulih dan berangsur-angsur kembali normal seperti biasanya.
Dengan begitu kita sudah bisa kembali melakukan pemesanan tiket kereta api secara online melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, dan juga channel penjualan resmi KAI lainnya.
Baca Juga: Kevin Hart Alami Kecelakaan, Mobil Mewahnya Hancur hingga Cedera Punggung
Pemesanan Tikel Lokal Hanya Bisa Dilayani Secara Online
PT Kereta Api Indonesia mengumumkan bahwa mulai 1 September 2019, pemesanan tiket kereta api lokal hanya bisa melalui online.
Pengumuman pemesanan tiket kereta api lokali disiarkan oleh PT KAI melalui akun Instagram resminya @kai121_.
Dari akun Instagram resmi @kai121_, nantinya loket stasiun hanya bisa untuk pembelian tiket kereta api lokal secara go show 3 jam sebelum keberangkatan.
Baca Juga: Sukses Datangkan Kim Soo Hyun di Episode Terakhir Hotel Del Luna, Akankah Ada Season Kedua?
Pembelian tiket kereta api lokal secara go show ini akan dilayani bila tempat duduk masih tersedia.
Pembelian tiket kereta lokal secara online melalui KAI Access ini berlaku mulai H-7 hingga lima menit sebelum keberangkatan.
Aturan ini berlaku di semua kereta api lokal yang ada di Indonesia kecuali KA Pandanwangi dan Kalijaga yang bisa dipesan H-30 sebelum keberangkatan.
Baca Juga: Serang ART Hingga Tewas, 3 Anjing Milik Bima Aryo Dievakuasi, Salah Satunya Pernah Lukai 10 Orang
Melansir dari Kompas, KA Lokal yang masuk dalam kategori ini adalah KA Kalijaga, Pandanwangi, Lokal Merak, Walahar Ekspres, Jatiluhur, Cilamaya Ekspres, Siliwangi, Bandung Raya Ekonomi, Lokal Cibatu, Kedung Sepur, dan Bhatara Kresna.
KA Solo Ekspres, Prambanan Ekspres, Sidomukti, KA Bandara YIA, Ekonomi Lokal (Daop 8), Jenggala, Dhoho, Dhoho-Penataran, Tumepel, Penataran-Dhoho, Penataran, KRD Ekonomi (Daop 8).
Adapun KA Lokal di luar Jawa adalah Sri Lelawangsa, Cut Meutia, Lembah Anai, Sibinuang, Minangkabau Ekspress, Kertalaya, dan Seminung/Way Umpu. (*)
Artikel ini telah tayang di laman Tribun Travel dengan judul Ini Alasan Pemesanan Tiket Kereta Api Online Alami Gangguan
KOMENTAR