NOVA.id – Untuk mencegah dan menanggulangi dampak pandemic corona virus, berbagai pihak dari berbagai industri turun tangan.
Tak terkecuali, Grab Indonesia yang mengajak kita bersama untuk melawan Covid-19.
Melalui pesan untuk pengemudi dan pelanggan yang disampaikan lewat websitenya, Grab menyebut akan terus berupaya yang terbaik untuk melindungi kesejahteraan para mitra.
Sebagai langkah pencegahan dan kontrol yang lebih ketat atas pandemi corona virus, Grab juga bersiap untuk menghadapi perlambatan ekonomi yang terjadi.
“Minggu ini dan beberapa bulan ke depan akan menjadi lebih menantang bagi kita semua, namun kami ingin memastikan bahwa Grab berkomitmen 100% untuk dapat mengatasi krisis ini bersama,” demikian yang tertulis dalam "Pesan dari Manajemen Grab Indonesia untuk Bersama Melawan COVID-19" tersebut.
Untuk itu, Grab telah berkomitmen sebesar USD 10 juta atau senilai lebih dari Rp160 miliar untuk inisiatif yang sedang berlangsung dan beberapa inisiatif baru untuk mengatasi pandemi di Indonesia.
Prioritas pertama Grab Indonesia sendiri adalah memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua orang dalam platformnya.
Ketika kebijakan untuk physical distancing dan gerakan #dirumahaja diberlakukan, keberlangsungan pendapatan mitra pengemuda, mitra pengantaran, mitra merchant juga terdampak.
Oleh karena itu, Grab telah menyiapkan skema bantuan yang bertujuan untuk membantu mengurangi kendala keuangan yang dihadapi para mitranya.
Program Bantuan Mitra, GrabCare, akan menyediakan bantuan finansial dan medis bagi mitra pengemudi dan mitra pengantaran yang paling terdampak Covid-19.
Pertama, mitra pengemudi GrabBike dan GrabCare akan menerima bantuan keuangan sebesar Rp1,5 juta (untuk GrabBike) dan Rp3 juta (untuk GrabCar) apabila dinyatakan positif terinfeksi corona virus dan menjalani karantina.
Kedua, mitra pengemudi GrabCar yang telah memilih asuransi Mandiri In-Health yang disubsidi Grab sekarang dapat melakukan klaim terkait Covid-19 seperti pemeriksaan medis, konsultasi dokter, rontgen dada, tes darah secara berkala.
Sementara untuk mitra restoran, Program Dukungan merchant akan:
1. Menghasilkan pendapatan tambahan melalui peningkatan visibilitas dalam aplikasi, promosi khusus, dan kategori khusus untuk restoran lokal.
2. Mengurangi biaya operasional melalui program cashback untuk bahan makanan umum dan diskon pada kemasan makanan.
Berbagai inisiatif bagi mitra pengemudi dan merchants tersebut didanai oleh sumbangan sukarela karyawan Grab yang akan dilipatgandakan oleh perusahaan.
Untuk menjaga keamanan komunitas Grab, maka beberapa insiatif akan dilakukan.
Pertama, menyediakan masker dan hand sanitizer untuk mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar, yang pasokannya terus dicari oleh Grab Indonesia di tengah kekurangan global saat ini.
Kedua, menyiapkan stasiun desinfeksi dan pembersihan mobil di berbagai kota untuk menyanitasi GrabBike dan GrabCar.
Ketiga, meluncurkan pengantaran tanpa kontak untuk keselamatan pelanggan dan mitra pengiriman.
Keempat, memperkenalkan pelaporan suhu tubuh harian bagi mitra pengemudi dan mitra pengantaran.
Bila mitra pengantaran menunjukkan gejala, maka akan diminta untuk mencari saran medis dan menjalankan karantina pribadi jika diperlukan.
Sementara itu, mereka akan ditangguhkan untuk beberapa saat dari platform dan diberikan bantuan keuangan.
Kelima, berkolaborasi dengan mitra merchant dan restoran untuk meningkatkan prosedur kebersihan untuk penanganan dan penyegelan makanan yang benar.
Keenam, mengimplementasikan Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood bagi mitra merchant yang mencatat tanggal, waktu, nama, dan suhu tubuh karyawan yang menyiapkan makanan pesanan.
Jika ditemukan mitra pengantaran menunjukkan gejala seperti suhu tubuh tinggi, demam, pilek, dan batuk, maka mitra merchant bisa melaporkan pada tim layanan pelanggan Grab.
Nantinya akan ada mitra pengganti yang ditugaskan untuk mengirimkan pesanan tersebut.
Ketujuh, menyediakan lebih dari 2.000 termometer tembak digital untuk mitra merchant.
Untuk saat ini, pemerintah sedang berupaya untuk mengatasi penyebaran virus.
Grab Indonesia sendiri memberikan dukungan, berupa:
1. Menjadi mitra yang dipercaya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk memberikakn pemeriksaan (screening) awal Covid-19 bebas biaya via layanan telekonsultasi melalui GrabHealth powered by Good Doctor.
Layanan ini memungkinkan dokter menilai risiko seseorang tertular Covid-19 dan memberikan rekomendasi seperti isolasi mandiri atau melakukan tes Covid-19.
2. Siap meluncurkan armada khusus untuk petugas pelayanan kesehatan dan pengantaran obat bagi rumah sakit yang bernaung di bawah Kementerian Kesehatan RI.
3. Memimpin kampanye donasi di mana Grab, Tokopedia, dan OVO menyumbang masing-masing Rp1 miliar kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
Nantinya dana ini akan digunakan untuk mendukung kebutuhan para frontliner medis Indonesia.
4. Grab, BenihBaik, dan Palang Merah Indonesia (PMI) juga bersama-sama menyediakan masker bagi petugas kesehatan, mitra pengemudi, dan masyarakat melalui inisiatif ‘1 juta masker PMI’.
Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia dan Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia melalui pesan ini menyampaikan bahwa Grab tetap berkomitmen untuk melayani dan mendukung komunitas Grab sebaik mungkin.
Selain itu, Grab Indonesia mengucapkan terima kasih untuk para mitra pengemudi, pengantaran, dan merchant yang menempatkan diri dalam risiko setiap harinya untuk terus melayani masyarakat.
Grab Indonesia juga menyampaikan pesan untuk terus mendukung satu sama lain untuk menghidupkan roda perekonomian Indonesia. (*)
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR