NOVA.id - Wabah virus corona berdampak ke semua aspek kehidupan.
Sekolah diliburkan dan banyak tenaga kerja terpaksa bekerja di rumah.
Agar tidak suntuk, beberapa tips ini dapat membantu kita lebih nyaman kerja dari rumah, lo, Sahabat NOVA.
Baca Juga: Work from Home, Inilah 7 Panduan Mengatur Meja Kerja di Rumah
Tentu kita akan butuh penyesuaian karena tantangan kerja di rumah akan berbeda dari kantor.
Ada berbagai gangguan ketika bekerja dari rumah, baik dari teman serumah yang suka mengecek keadaan, maupun pasangan, anak-anak dan hewan peliharaan yang muncul ketika panggilan konferensi.
Berikut adalah beberapa tip yang bisa dicoba Sahabat NOVA.
Baca Juga: Tak Punya Ruang Kerja di Rumah? Yuk, Pakai 4 Tips Ini agar Hunian Jadi Tempat Kerja Produktif!
1. Mengatur ruang kerja
Pilih satu lokasi di rumah dan tetapkan untuk menjadi area kerja. Lokasi tersebut sebaiknya mendapat cukup sinar matahari, tidak terlalu sempit, dan dekat dengan stopkontak atau sumber listrik.
2. Tetapkan jadwal
Seringkali, orang yang beralih untuk bekerja dari rumah mendapati jam kerjanya memanjang maupun sebaliknya karena berbagai gangguan.
Menetapkan jam kerja di rumah sangat penting untuk membantu kita tetap fokus selagi memperhatikan kapan waktu beristirahat di sela-sela dan sesudah seharian bekerja.
Baca Juga: Ingin Punya Ruang Kerja di Rumah dengan Lahan Mungil? Bisa! Begini Ide Desainnya
3. Sisihkan waktu istirahat
Setelah menetapkan waktu kerja, tentukan juga kapan waktu beristirahat. Gunakan sebagian waktu untuk makan siang, berbincang dengan teman dan kolega tentang topik yang ringan dan tidak berkaitan dengan pekerjaan.
4. Menjaga komunikasi dengan tim
Tentukan ekspektasi dan peraturan dengan tim untuk memastikan pekerjaan terselesaikan. Manfaatkan Microsoft Teams atau software kolaborasi lainnya.
Aturlah status daring dengan semestinya (contohnya available ketika bekerja dan away ketika tengah beristirahat), atur suara dan kamera perangkat sebelum interaksi virtual berlangsung, serta atur notifikasi dengan baik agar nyaman bekerja.
Baca Juga: Kerja di Rumah? Yuk, Ubah Desain Ruang Agar Lebih Produktif dengan 4 Tips Ini!
5. Tetap bersikap positif dan bersosialisasi
Memiliki pola pikir positif akan membantu kita dan tim menyesuaikan diri dengan cara baru dalam bekerja ini.
Mengedepankan kepedulian terhadap kesehatan diri (tidur cukup, berolahraga, dan makan teratur) adalah beberapa hal yang dapat membantu menjaga kesehatan.
Saat-saat seperti inilah kita harus bersatu dan mendukung satu sama lain. Di Indonesia, HP Inc. tengah melakukan segala upaya memungkinkan untuk membantu para karyawan, konsumen, dan juga mitra kami memahami bahwa mereka tidak sendirian.
Baca Juga: Siapa Bilang Bekerja di Rumah Bikin Tak Produktif? Inilah Faktanya
HP Inc. tetap hadir untuk mereka di masa yang sulit ini. Mulai dari menjaga moral tim melalui berbagai kegiatan virtual, menawarkan nasihat hingga memberikan bantuan dan dukungan kepada para pelanggan dan mitra kami, guna memastikan kelangsungan bisnis.
HP Inc. juga mempercepat segala upaya untuk memastikan pekerjaan efektif dan efisien selama pengalaman bekerja dari rumah ini.(*)
Sahabat NOVA, jangan sampai ketinggalan berita dan informasi terbaru dan menarik soal selebriti dan dunia perempuan di Tabloid NOVA, ya. Dapatkan edisi terbarunya dengan berlangganan, tinggal klik di sini.
KOMENTAR