NOVA.id - Saat ini Indonesia masih berjuang melawan pandemi Covid-19.
Banyak sekali sektor ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19 ini, salah satu yang terdampak adalah bisnis fesyen.
Salah satu desainer Indonesia dan pemilik brand busana muslim Indonesia “VIVIZUBEDI”, Vivi Mar’i Zubedi, menanggapi adanya pandemi di satu sisi dapat menggerakkan semangat para pelaku bisnis fesyen untuk terus produktif dalam berkarya serta melakukan adaptasi membangkitkan perekonomian negeri ini.
Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini 7 Cara Merawat Kulit Sensitif yang Benar
Sebagai salah satu brand yang turut memperhatikan isu sosial dan ekonomi di
Indonesia, Vivi bersama Yayasan VIVIZUBEDI Indonesia telah melakukan berbagai
kegiatan sosial diantaranya; program Sedekah #CegahCovid, pembagian beras gratis di
Banjar Baru dan lainnya dalam masa Pandemi.
Sebelumnya VIVIZUBEDI juga telah menjalankan beberapa program yaitu di antaranya kampanye #1000MukenuntukIndonesia dan program pembangunan Masjid di beberapa daerah di Indonesia.
Dalam perjalanan kariernya bersama VIVIZUBEDI Brand, Vivi menjadi salah satu tokoh yang kerap menaruh perhatian pada pemberdayaan perempuan.
Melalui bisnis fesyennya, Vivi terinspirasi untuk memberdayakan kerajinan lokal hasil karya pengrajin perempuan-perempuan Indonesia dengan menjalin kolaborasi pada karyanya.
Pada kesempatan New York Fashion Week 2018, Vivi melibatkan hasil kerajinan
tangan perempuan Indonesia mempersembahkan koleksi Urang Banua yang terinspirasi
dari Kain Sasirangan dan Tenun Pegatan yang dibuat langsung oleh para pengrajin
perempuan di Kalimantan.
Pada program ISEF 2019, VIVIZUBEDI turut mempersembahkan koleksi The Purun Label yang diprakarsai dengan membeli kerajinan purun dari tangan pengrajin di Kalimantan.
Koleksi ini didasari oleh conscious fashion yang tidak hanya tampak stylish tapi juga memberdayakan perempuan sebagai pengrajin dan kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan.
Peran Vivi sebagai pelaku bisnis mempertimbangkan pemberdayaan dan potensi perempuan-perempuan Indonesia tentunya menjadi salah satu aspek kepemimpinan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Meneruskan visinya, bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia, VIVIZUBEDI secara khusus mempersembahkan sebuah koleksi sebagai bentuk apresiasi kepada para perempuan Indonesia dengan kampanye bertajuk #FromVIVIZUBEDItoIndonesia.
Kampanye tersebut menjadi bentuk bakti dan apresiasi VIVIZUBEDI Brand untuk bangsa
Indonesia yang senantiasa selalu mendukung bisnis fesyen untuk terus berkembang baik di pasar lokal maupun global.
Perhatian yang sama pada pemberdayaan perempuan juga diterapkan oleh Ibu
Fery Farhati sebagai Penggagas Ibu Ibu Kota dan Ibu Nur Asia Uno pendiri YAMSA.
Sejalan dengan VIVIZUBEDI sebagai pemimpin inspiratif yang memperhatikan sosial,
Ibu Fery Farhati secara aktif menggandeng perempuan Ibu Kota dari berbagai profesi
untuk saling memberikan inspirasi dan membantu sesama dalam masa Pandemi ini.
Ibu Nur Asia Uno sebagai pendiri YAMSA, sebuah yayasan sosial nirlaba lintas agama dan
budaya, lintas suku dan golongan serta lintas profesi dan lapis sosial, dengan berfokus
melakukan bakti sosial pada anak-anak yang termarjinalisasi karena tindak kekerasan.
Kepemimpinan sosok-sosok tersebut telah menginspirasi gerakan #FromVIVIZUBEDItoIndonesia agar sesama perempuan dapat saling mendukung untuk tetap kuat, berkarya, berkontribusi dan aktif di berbagai bidang demi masa depan yang lebih baik bagi Indonesia di era pandemi saat ini.
Atas bentuk bakti Vivi Zubedi tercermin dengan banyak kegiatan sosial dalam
rangka pemberdayaan perempuan dan ingin membagi semangat yang sama kepada
perempuan lainnya.
Bersama kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia, Vivi mempersembahkan koleksi spesial “All About Scarf” dengan salah satu serinya yakni Archipelago Scarf. Koleksi terbaru ini diluncurkan untuk merayakan semangat para perempuan inspiratif Indonesia yang bertepatan dengan perayaan hari Kemerdekaan Indonesia.
Baca Juga: Adhisty Zara Dapat Dukungan hingga Karangan Bunga dari Angga Yunanda
Terdapat dua pilihan material dari Archipelago Scarf yaitu satin silk dan juga premium voal, koleksi ini hadir dengan kombinasi warna-warna gelap dan earthtone, seperti navy, black dan beige yang masing-masing merepresentasikan karakter dari Archipelago Scarf.
Inspirasi dari koleksi “All About Scarf” berasal dari keindahan dan keragaman motif etnik yang tersebar di kepulauan Indonesia. Inspirasi tersebut kemudian tertuang dalam kombinasi motif dan desain kontemporer VZ Monogram. Karakter desain VIVIZUBEDI pada koleksi ini hadir dengan permainan variasi warna terang hingga gelap yang memberikan kesan strong namun tetap elegan.
Pada kampanye ini, VIVIZUBEDI mempersembahkan koleksi “All About Scarf” kepada 20 perempuan Indonesia inspiratif sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya di masyarakat, antara lain adalah Ingrid Kansil perempuan yang aktif bidang politik, Tini Sardadi seorang pengusaha perempuan, Shinta Bubu yang aktif di digital muslimahpreneur, dan perempuan yang menginspirasi lainnya.
Melalui kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia diharapkan mampu memberikan semangat emansipasi pada perempuan-perempuan Indonesia untuk terus berjuang memaksimalkan potensi diri demi masa depan bangsa yang lebih baik dan selalu menginspirasi di segala aspek kehidupan pada masa pandemi ini.
Rilis Inclusivision Project, Honda Beri Wadah Teman Color Blind Ekspresikan Diri
Penulis | : | Widyastuti |
Editor | : | Widyastuti |
KOMENTAR