NOVA.id – Setelah sukses menyelenggarakan KKI Seri 1, Karya Kreatif Indonesia Virtual 2020 Seri 2 dihelat.
Menjadi bagian dari pembinaan Bank Indonesia secara end-to-end mulai dari produksi pemasaran hingga permodalan terhadap UMKM, acara ini mengusung tema Sinergi UMKM Digital sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital yang dibuka pada 7 Oktober 2020 dan akan ditutup pada 9 Oktober 2020.
“Walaupun saat ini kita tengah menghadapi kondisi pandemik, tidak menyurutkan upaya kami untuk terus membina UMKM untuk lebih kuat, kreatif, dan siap beradaptasi dalam era kenormalan baru,” jelas Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada Rabu, (07/10) di Jakarta.
Menurutnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah inovasi teknologi yang pesat guna mendorong perkembangan model bisnis baru UMKM yang serba cepat, mudah, dan murah.
Baca Juga: Keluarga SIP, Ajakan HDI dan Sekolah SPI Lawan Badai Krisis Ekonomi
Acara dibuka dengan menampilkan ragam busana hasil kolaborasi antara UMKM binaan dengan desainer terkemuka nasional, yakni batik Karuhun Sukapura dari Tasikmalaya dengan desainer Eddy Betty dan batik Besurek dari Bengkulu dengan desainer Itang Yunasz.
Pagelaran Karya Kreatif Indonesia seri 2 menampilkan 377 UMKM binaan Bank Indonesia yang terdiri dari 127 kain tradisional dan pakaian jadi, 74 kerajinan, 132 kuliner olahan, dan 44 kopi.
Seluruh penampil kali ini telah melalui kurasi dari sinergi dengan berbagai pihak termasuk dengan Dekranas dan Dekranasda.
Oleh karena itu, Bank Indonesia memandang sinergi dengan Dekranas sangatlah penting sehingga perlu dituangkan dalam nota kesepahaman antara Bank Indonesia dengan Dekranas yang pelaksanaan penandatangan dilakukan pada akhir acara pembukaan.
Baca Juga: TNI AU dan Le Minerale Lakukan Aksi Bersih-bersih Pantai Tanjung Kait Tangerang
Rilis Inclusivision Project, Honda Beri Wadah Teman Color Blind Ekspresikan Diri
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR