NOVA.id - Di tengah badai pandemi yang telah memporak-porandakan berbagai sektor ekonomi, pelaku UMKM yang menjalankan bisnisnya secara online justru mengalami kenaikan.
Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku belanja konsumen pada masa PSBB.
Selama menjalankan aktivitas di rumah saja, konsumen banyak memilih berbelanja online demi menjaga jarak dengan orang luar, serta menghindari kerumunan.
Baca Juga: Pendaftaran BLT UMKM Tahap 2 Resmi Diperpanjang Sampai Akhir November
Jenis barang yang dibeli pun merupakan produk kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman, alat-alat penunjang kebutuhan bekerja dan sekolah di rumah, produk kecantikan untuk perawatan penampilan selama masa PSBB, serta produk-produk kesehatan untuk meningkatkan imunitas tubuh.
Tak heran selain makanan, produk kesehatan dan kecantikan menjadi produk yang dicari dalam daftar belanja online masyarakat.
Produk kecantikan mencatatkan rekor penjualan online 40-50 juta per unit selama April-Juni. Sementara produk kesehatan turut mengalami kenikan 3 kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Baca Juga: Pembalap Valentino Rossi Positif Covid-19, Pihak Yamaha Beberkan Kronologi
Penulis | : | Tentry Yudvi Dian Utami |
Editor | : | Widyastuti |
KOMENTAR