NOVA.id – Pandemi Covid-19 memukul hampir semua pemilik usaha, termasuk kita yang jualan di level Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM).
Akibatnya, kita terpaksa putar otak agar bisa cerdas jualan hingga untung dua kali lipat.
Salah satunya lewat Mitra Tokopedia, layanan untuk pengembangan usaha dengan memanfaatkan teknologi dari marketplace Tokopedia.
Baca Juga: Sebanyak 87 Faskes Terima Donasi Seri 3 dari Pengguna Tokopedia
Berdasarkan survei pada Oktober 2020, Tokopedia menyebut 80 persen pemilik warung, toko kelontong, dan UMKM lainnya yang tergabung dalam Mitra Tokopedia berhasil meraih keuntungan tambahan lebih dari dua kali lipat.
Menurut Doni Nathaniel Pranama, Head of New Retail Tokopedia, marketplace terbesar Indonesia ini telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional seperti pemilik warung dan toko kelontong dalam mengembangkan bisnisnya.
Mereka menggunakan Mitra Tokopedia untuk membantunya melayani lebih dari 50 juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia.
Baca Juga: Tokopedia Play Fest Dorong Pelaku UMKM Tetap Semangat Berkarya di Masa New Normal
“Ini menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform pengalaman berbelanja dengan cakupan paling luas di Indonesia,” tambah Doni.
Sementara itu, pelaku UMKM yang memanfaatkan Mitra Tokopedia mengaku mendapatkan kemudahan, yang secara tak langsung bisa mendatangkan keuntungan juga.
Sebab, dengan Mitra Tokopedia, kita bisa mendapatkan harga produk yang lebih terjangkau, promo berkala, gratis ongkir, layanan same-day delivery, banyaknya pilihan pembayaran, hingga beragam fitur lain seperti Grosir dan Penjualan Produk Digital.
Baca Juga: Temukan Produk Favorit dengan Harga di Bawah Rp 99.000 di Tokopedia Waktu Indonesia Belanja
Cerdas Berjualan
Tanpa disadari, memanfaatkan semua fitur Mitra Tokopedia membuat kita cukup cerdas dalam berjualan.
Karena tak cuma mendapatkan kemudahan, tapi juga penghematan hingga keuntungan.
Misalnya dengan memanfaatkan fitur Grosir, pemilik warung seperti kita bisa membeli stok kebutuhan warung dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga: Wow! Masker Kain Terbukti Minimalisasi Paparan Virus, Banyak Pilihan di Tokopedia
Menurut data Tokopedia, hampir 100 persen pengguna Mitra Tokopedia bisa menghemat biaya transporttasi lebih dari Rp50.000 per minggu.
Seperti yang dialami Mostakim, pemilik warung asal Bogor dan sudah bergabung dalam Mitra Tokopedia sejak Februari 2020.
“Biasanya harus tutup warung sekitar tiga jam untuk belanja ke pasar. Sejak jadi Mitra Tokopedia tidak perlu lagi (tutup warung), karena belanja stok bisa dari ponsel. Barang langsung dikirim ke warung dengan cepat,” kata Mostakim.
Baca Juga: Luncurkan Official Store, Tokopedia Dukung Difabel Tetap Berkarya Selama Pandemi Virus Corona
Alhasil, lanjut Mostakim, “Pendapatan bulanan warung saya meningkat hingga Rp5 juta karena Mitra Tokopedia. Selain jualan, saya bisa sekalian menabung untuk dapat poin lewat fitur Poin Hadiah.”
Selain Mostakim, Ine Febrina, seorang ibu rumah tangga asal Jakarta pun mengalami hal sama, sejak bergabung menjadi Mitra Tokopedia pada Maret 2020.
“Selama pandemi, transaksi di warung saya meningkat signifikan. Dengan memanfaatkan fitur Grosir, pendapatan saya bisa mencapai puluhan juta setiap bulannya,” aku Ine.
Baca Juga: Kini, Nabung Emas di Tokopedia Bisa Dapatkan Asuransi Jiwa Prudential untuk Hadapi Covid-19
Ine juga menyebut, Mitra Tokopedia memfasilitasi dirinya untuk bisa menambah pemasukan dengan berjualan produk digital.
Asal tahu saja, produk digital merupakan salah satu layanan baru dari Mitra Tokopedia.
Fitur penjualan Produk Digital di antaranya pulsa, paket data, voucer game, pembayaran tagihan listrik, air, BPJS dan lainnya.
Baca Juga: Mundipharma Indonesia dan Tokopedia Ajak Masyarakat Peduli Tim Medis dengan Sumbang APD Juga
Layanan tersebut telah tersedia di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.
Layanan itu mempermudah masyarakat untuk membeli produk digital melalui Mitra Tokopedia.
Produk digital yang paling laris di Mitra Tokopedia selama pandemi adalah pulsa dan paket data, token listrik, PDAM, BPJS dan voucer game.
Nah, buat kita yang bergerak di bidang UMKM, mungkin Mitra Tokopedia bisa jadi pilihan agar kita bisa lebih cerdas berjualan hingga mendatangkan keuntungan.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)
KOMENTAR