NOVA.id - Banyak bisnis online bermunculan di masa pandemi Covid-19.
Hal ini bukan tanpa alasan, banyak orang yang di PHK atau belum mendapat kerja banting stir untuk membuka bisnisnya sendiri.
Memang, pandemi Covid-19 tak cuma menggerus kesehatan kita semata tetapi juga perekonomian kita.
Baca Juga: 3 Ide Bisnis Online yang Bisa Jadi Tambahan Pemasukan di Masa Pandemi Covid-19
Sehingga, kita dipaksa untuk keluar dari zona nyaman dan berpikir kreatif untuk menciptakan peluang usaha.
Tak cuma itu, kita harus selalu #ingatpesanibu dan melakukan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun untuk mengurangi penyebaran Covid-19.
Bagi Sahabat NOVA yang baru memulai bisnis, ternyata ada satu hal yang harus diperhatikan guna menjaring pembeli, yaitu packaging produk.
Baca Juga: Lakukan 5 Tips Pintar Atur Uang Ini Agar Bisnis Online Berkembang Saat Pandemi
Hal ini pun diungkapkan oleh Elizabeth Christina atau akrab yang dipanggil Lizzie Parra, Founder & CMO BLP Beauty dalam konferensi pers virtual Bincang Shopee 12.12 Birthday Sale: Di Balik Dapur Bisnis Rumahan, Jumat (04/12/2020).
Menurut Lizzie, packaging amat sangat mempengaruhi banyak orang, terlebih untuk calon pembeli.
"Branding dan packaging sangat berpengaruh banget untuk suatu produk. Kadang, branding itu menentukan orang mau beli produk kita atau enggak," ujar Lizzie Parra.
Lebih jauh, Lizzie pun bercerita jika produknya tersebut sebisa mungkin memiliki packaging yang ramah lingkungan.
Baca Juga: Pentingnya 3 Teknologi Ini untuk Rintis Bisnis Online Shop UMKM
"Kita butuh yang timeless dan efortless namun ramah lingkungan. Wadah makeup kan kebanyakan pakai plastik, jadi packaging yang lain sebisa mungkin jangan plastik. Jadi, kita menyeimbangkan semuanya," tambah Lizzie.
Bahkan, Lizzie Parra tetap terapkan protokol kesehatan yang ketat dalam mengemas semua produknya.
"Cara packing aman dari BLP, mengontrol dan menerapkan protokol kesehatan, rapid test secara berkala untuk memastikan semua orang sehat. Semuanya sesuai dengan prosedur (protokol kesehatan)," ucap Lizzie.
Lizzie Parra pun memberikan tips mengemas produk yang cantik dan ramah lingkungan.
1. Pakai Paper Box
Alih-alih gunakan plastik, kita bisa gunakan paper box polos untuk packaging produk kita. Kardus disebut-sebut lebih ramah lingkungan karena mudah didaur ulang.
Jangan lupa dengan logo produk Sahabat NOVA ya! Selain bisa dicetak langsung di paper box, kita bisa menggunakan cap yang dipesan khusus atau memakai sticker. Ya, ini menjadi branding bagi produk kita.
Baca Juga: Jadi Pahlawan Bagi Diri Sendiri dengan Melek Finansial Sejak Dini
2. Gunakan Shredded Paper
Dibanding pakai bubble wrap, Lizzie lebih memakai shredded paper atau kertas serut. Kalau produk Sahabat mudah pecah, Lizzie pun memberikan triknya.
"Untuk barang yang mudah pecah, bisa kita tambah shredded paper-nya. Barangnya bisa dibuntel. Pastikan semua bagiannya tertutup," ujar Lizzie.
Tak hanya itu, selain ramah lingkungan, menurut founder BLP Beauty tersebut memakai shredded paper akan lebih tampil estetik.
Baca Juga: Trend Penjualannya Sedang Naik, Yuk Lihat Prospek Jual Sayur di Masa Pandemi
3. Personal Card
Menurut Lizzie, banyak customer yang lebih "terikat" karena memiliki personal card. Personal card yang bisa dipakai seperti ucapan selamat ulang tahun, ucapan terima kasih, atau kata-kata mutiara.
Baca Juga: Bisnis Online Lesu karena Pandemi? Coba 5 Cara Ini untuk Mengembangkan Usaha
4. Sticker Segel
Berbeda dengan sticker logo yang biasa diletakkan di tengah permukaan paper box, sticker segel biasa diletakkan di bagian kunci pembuka box.
Ini bisa menjadi penanda apabila barang telah dilihat atau dipakai sebelumnya.
Biasanya sticker segel ini merupakan sticker logo e-commers yang kita pakai untuk memasarkan produk kita.
Namun, jika dirasa terlalu banyak pengeluaran, kita bisa menggunakan sticker logo sebagai sticker segel.
Lihat postingan ini di Instagram
5. Kartu Pemberitahuan
Menurut Lizzie, masih ada customer nakal yang sering memberikan feedback buruk bahkan meminta ganti produk demi mendapat produk baru. Hal ini tentu merugikan pihak penjual.
Sehingga, untuk meminimalisir hal tersebut, Lizzie Parra juga mencetak kartu pemberitahuan yang ditempel di muka box.
Kartu pemberitahuan ini ditujukan untuk mengimbau para pembeli untuk mem-video-kan produk yang dibeli dari box belum dibuka hingga terbuka sepenuhnya dan diperlihatkan produknya.
Tak hanya mencetak kartu pemberitahuan, tetapi Lizzie juga memberitahukan peraturan tersebut di media sosial agar pembaca tetap mendapat informasi dan edukasi soal produk tersebut.
Baca Juga: 5 Makanan Viral di Media Sosial yang Bisa Dijadikan Bisnis Online
6. Pakai Tali Goni
Semakin mempercantik packaging produk, kita bisa menggunakan tali goni untuk mengikat box produk kita.
Namun, tetap #ingatpesanibu dan menerapkan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan agar produk yang akan dikirim tetap terjaga kebersihannya ya.
Jadi, siap untuk bisnis online?
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
KOMENTAR