NOVA.id - Bagi Sahabat NOVA yang memiliki bisnis, bisa juga mengikuti atau menjadi anggota suatu komunitas.
Ya, komunitas pun mempunyai peran besar untuk perkembangan UMKM. Dari sinilah kita bisa menambah wawasan tentang bisnis, memperluas relasi, berbagi informasi, bahkan hingga saling membantu jika ada yang kesulitan.
Adalah BOLU, salah satu komunitas yang menawarkan deretan manfaat tersebut.
Mempunyai nama seperti nama makanan, HP Melati, Digital Marketing Community Officer BOLU menjelaskan arti nama komunitas.
"BOLU itu kepanjangan dari Belajar Online Shop Yuk," ucap Melati di awal cerita dalam IG Live Festival #PilihLokalAja yang diselenggarakan pada Rabu, 24 Februari 2021.
Menurut Melati, komunitas BOLU terbuka untuk umum dan siapa saja boleh bergabung ke dalam komunitas.
Bahkan, tak ada syarat untuk bergabung ke dalam komunitas BOLU.
"Sebenarnya untuk semua pelaku online shop, tetapi kebanyakan ibu-ibu. Siapa aja yang boleh bergabung."
"Kalau bergabung di komunitas gak ada syarat. Siapa saja boleh dari yang benar benar blank sampai yang sudah jago pun banyak ngumpul di sini."
Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Ini 3 Penyebab Utama yang Membuat Bisnis Kita Berhenti di Tengah Jalan
Mempunyai tujuan untuk membantu UMKM, Melati menceritakan bahwa di komunitas BOLU mempunyai banyak kegiatan, salah satunya adalah mengadakan webinar, kuliah WhatsApp, dan setiap bulannya pun membuka kelas online untuk pemantapan berbisnis.
Tak hanya itu, BOLU juga baru launching web aplikasi sebagai platform gratis bagi UMKM yang ingin memasarkan produknya.
"Kita juga baru launching web aplikasi untuk jualan gratis. Namanya Ngolshop.com. Di sini mudah untuk menaruh produk bukan cuma untuk dilihat saja, tapi untuk dibeli juga.
Baca Juga: Rekomendasi Serum yang Sesuai Kebutuhan Kulit Wajah dan Tubuh
"Ada fitur pembukuan juga. Lewat Ngolshop.com ini sekali mengurus langsung semua, jadi nggak banyak buka aplikasi. Bahkan, karena ada pembukuan itu keuntungan juga bisa langsung dihitung. Dibuat semudah mungkin untuk kita-kita," cerita Melati antusias.
Ngolshop.com sendiri merupakan sebuah web aplikasi yang membantu para UMKM untuk memasarkan produknya. Ngolshop.com juga mempunyai jenis premium, yakni paket berbayar 3 bulan.
Ngolshop.com premium mempunyai banyak fitur tambahan, salah satunya adalah kita bisa memiliki domain website sendiri.
Baca Juga: Manfaat Bergabung dengan Komunitas, Salah Satunya Punya Support System
Walaupun banyak pelatihan dan kelas online yang digalakan oleh BOLU, Melati menyebutkan jika semua itu akan sia-sia apabila tidak mengaplikasikan ilmu yang didapat secara langsung.
Sehingga, menurut Melati, bukan hanya penting belajar dan menerima tren atau sesuatu yang baru, tetapi juga berani untuk praktek langsung.
Terlebih, Melati mengatakan pelajaran dasar bagi seseorang yang ingin berbisnis adalah mulai dari pola pikirnya.
Baca Juga: La Dame in Vanilla Hadirkan Ekstrak Vanila Halal, Hidupkan Petani Lokal
Kemudian, diisi dengan kebiasaan mengisi akun media sosial dengan produk jualan. Gunanya untuk terbentuk konsistensi dalam berbisnis.
"Kalau mau bergelut di bidang bisnis harus siap belajar apapun. Terus belajar dan berkembang," kata Melati.
Mengenai media sosial, Melati bahkan mengatakan bahwa penting bagi pelaku bisnis untuk selalu mengikuti perkembangan yang ada.
Baca Juga: Ini Pentingnya Peran Komunitas dalam Pengembangan Bisnis UMKM
"Penting banget kalau buat aku ya karena itu perbanyak jalur jualan. Jangan sampai menunggu. Namanya membuka jalur ya caranya itu. Dan jangan malu-malu karena kadang orang suka malu kan," ujar Melati.
"Jangan sampai kebanyakan alasan (untuk menunda berbisnis) karena kebanyakan alasan nanti gak mulai-mulai," tandas Melati.
Sebagaimana diketahui, sekarang sudah makin banyak produk lokal yang terkenal di masyarakat.
Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Pentingnya Peran Komunitas untuk Membangun Bisnis UMKM
View this post on Instagram
NOVA sebagai media perempuan yang merupakan bagian dari Grid Network, dengan misi ingin menjadikan perempuan berani dan mandiri, membuat movement #PilihLokalAja di usianya yang ke-33 tahun ini.
Melalui movement #PilihLokalAja, NOVA ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk membeli produk-produk lokal yang tak kalah kualitas dan ragamnya.
Movement ini merupakan bagian dari kampanye NOVA yaitu Pintar Atur Uang, yang sudah berjalan sejak akhir 2019.
Baca Juga: Baru Memulai Bisnis? Coba Simak 3 Tips Pintar Atur Uang ala Erick Thohir Ini
Dengan mengusung movement #PilihLokalAja, NOVA akan mengajak para pelaku UMKM perempuan untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas kepada masyarakat dan saling memberi dukungan kepada sesama pelaku usaha.
Dengan segala kekuatan untuk saling mendukung, diharapkan pelaku usaha UMKM perempuan dapat makin percaya diri dalam memperkenalkan produknya, semakin baik dalam pengelolaan usahanya, sehingga bisa semakin mendorong masyarakat untuk selalu #PilihLokalAja.
Movement #PilihLokalAja akan dirilis pada perayaan HUT NOVA ke-33, melalui penyelenggaraan kegiatan online di berbagai platform digital, yaitu Instagram, YouTube, Facebook, dan Radio Sonora FM, selama 3 hari, yaitu pada tanggal 22-25 Februari 2021.
Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Rekomendasi Skincare untuk Anak dengan Bahan Alami
Jangan sampai ketinggalan ya, Sahabat NOVA!
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Penulis | : | Alsabrina |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR