NOVA.id – Menurut data World Economy Forum pada 2020, setiap menitnya masyarakat di Indonesia menghasilkan sekitar 13 ton sampah plastik.
Berkaca pada besaran sampah yang dihasilkan manusia, Garnier mengajak masyarakat Indonesia untuk mengambil langkah kebaikan melalui #OneGreenStep.
Tujuannya, guna menciptakan dampak positif menuju keberlanjutan bagi bumi dan semua orang.
Garnier telah mengumumkan pencapaian dari kampanye Green Beauty yang diluncurkan tahun lalu.
Green Beauty merupakan sebuah komitmen yang berfokus pada lima langkah keberlanjutan, yaitu formula ramah lingkungan, bahan baku secara keberlanjutan, solidarity sourcing, kemasan ramah lingkungan, dan aksi untuk planet yang lebih hijau.
Adapun dari kelima pilar tersebut, Garnier mengumumkan pencapaiannya atas pilar kemasan eco-designed dan aksinya untuk planet yang lebih hijau.
Baca Juga: AEON Mall BSD City Rayakan Hari Bumi dengan Adakan Kegiatan Ini
Yang pertama adalah kemasan ramah lingkungan lewat Sakura Glow Waterglow Essence dengan kemasan 100% PCR PET dan Micellar Water dengan kemasan 25% PCR PET.
Kedua adalah aksi untuk planet yang lebih hijau lewat kampanye Green Beauty yang diluncurkan tahun lalu dengan dukungan KLHK, bekerja sama dengan eRecycle.
Kampanye ini telah berhasil mengumpulkan 5,3 ton sampah plastik dengan partisipasi 56 ribu masyarakat Indonesia.
Baca Juga: Bikin Menu Ramadhan Lezat dan Ramah Lingkungan? Ini Caranya!
Garnier telah disetujui oleh Cruelty Free International di bawah The Leaping Bunny.
“Di bulan Ramadan ini, kembali kami mengamplifikasi peran bersama ini dalam mengurangi konsumsi plastik di Indonesia melalui kerja sama dengan XSProject dan eRecycle, di mana bersama-sama kita dapat mengubah sampah menjadi berkah berbentuk donasi fasilitas pendidikan untuk anak-anak keluarga pemulung,” jelas Pandu Brodjonegoro, Brand General Manager, Garnier Indonesia.
Sejalan dengan semangat Garnier dalam menciptakan bumi yang berkelanjutan untuk masa depan, Garnier menyadari pentingnya peran edukasi, khususnya di bidang ekonomi sirkular bagi generasi penerus.
Baca Juga: 3 Cara yang Bisa Dilakukan saat Bercinta Sambil Menjaga Lingkungan
Oleh karena itu, melalui kampanye #OneGreenStep untuk Kebaikan ini, Garnier Indonesia bekerja sama dengan XSProject, NGO yang memiliki misi meningkatkan taraf kehidupan keluarga pemulung Jakarta.
Kampanye ini mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi kepada anak-anak pemulung dengan bantuan di bidang edukasi, sekaligus berkontribusi untuk masa depan bumi yang lebih baik.
Kampanye yang dilakukan selama bulan Ramadan ini mengajak konsumen untuk mengolah sampah melalui aplikasi eRecycle, yang mana nominal tersebut akan digandakan oleh Garnier untuk disumbangkan ke XSProject.
Baca Juga: Super Indo Luncurkan Produk Ramah Lingkungan untuk Berbelanja
Selain itu, untuk setiap transaksi produk Garnier di Tokopedia (click here and here), konsumen juga telah berdonasi sebesar Rp. 1.000,- untuk XSProject.
“Perlu kita sadari peran besar pemulung dalam mendukung berjalannya ekonomi sirkular di Indonesia, oleh karena itu sangat tepat bagi kita untuk memberikan kebaikan dalam bentuk donasi dukungan pendidikan bagi keluarga dan anak pemulung melalui XSProject. Dengan #OneGreenStep untuk Kebaikan ini, bersama-sama kita dapat mengubah sampah menjadi berkah,” ujar Pandu.
“Kami sangat mengapresiasi kampanye Garnier dalam mendukung misi kami,” jelas Retno Hapsari, General Manager of XSProject.
Baca Juga: Peduli Alam, Brand Lokal SVH Luncurkan Koleksi Spring Summer 2021 dengan Material Ramah Lingkungan
View this post on Instagram
Dalam kampanye #OneGreenStep untuk Kebaikan, XSProject akan berkontribusi dengan memberikan dukungan edukasi untuk anak-anak keluarga pemulung berupa biaya sekolah, seragam, buku, makanan, hingga kesehatan.
Retno melanjutkan, “Sudah sewajarnya kita memberikan dukungan penuh kepada anak-anak dari keluarga pemulung mengingat kontribusi besar mereka terhadap ekonomi sirkular dan usaha bersama kita dalam mencapai keberlanjutan.”
“Harapan kami, melalui kampanye ini kita dapat meningkatkan kehidupan keluarga pemulung dan membantu menghentikan siklus kemiskinan,” paparnya.
Baca Juga: Transisi ke Energi Ramah Lingkungan, Solusi untuk Perubahan Iklim
Brand Ambassador, Chelsea Islan turut menyampaikan antusiasmenya untuk kampanye ini, “Gerakan Green Beauty sangat memudahkan aku dalam menjalankan komitmen green living aku.”
“Di tahun ini, aku senang sekali bisa kembali turut ambil bagian di #OneGreenStep, yang memungkinkan kita semua untuk berkontribusi mengurangi sampah sekaligus donasi dukungan edukasi bagi anak-anak keluarga pemulung bersama Garnier dan XSProject,” jelasnya.
Chelsea melanjutkan, “Aku sangat bangga dan excited untuk mengundang anak-anak muda terutama di Jakarta untuk ikut berdonasi bersama aku dan Brand Ambassador Garnier lainnya. Walaupun hanya satu langkah kecil, tapi bersama-sama, kita bisa memberikan dampak yang besar.”
Baca Juga: Rekomendasi Work at Home Wear Nyaman dengan Bahan Ramah Lingkungan
“Kita semua bisa berpartisipasi dalam #OneGreenStep dan memenuhi target mengumpulkan 100 ton sampah di tahun 2021 guna mendukung pemerintah memenuhi target pengurangan sampah sebesar 30% yang sejalan dengan PPRI 97 tahun 2017,“ tutup Pandu.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR