NOVA.id – Pandemi covid-19 yang hingga kini masih melanda membawa dampak dalam kehidupan kita.
Yang paling terlihat adalah meningkatnya angka kemiskinan di Indonesia.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penduduk miskin per September 2020 sebanyak 27,55 juta orang atau setara 10,19% dari total penduduk.
Baca Juga: Aqua Donasikan Lebih dari 3,3 Juta Botol Air Minum Berkualitas
Dibandingkan dengan September 2019, sebanyak 9,22 juta orang jumlah penduduk miskin naik 2,76 juta orang atau naik 0,97%.
Situasi tersebut telah mengetuk hati setiap orang untuk saling berbagi kepada mereka yang terdampak pandemi.
Sejak awal pandemi tidak sedikit dari kalangan individu hingga korporasi yang telah menyalurkan bantuan melalui dana pribadi maupun melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).
Baca Juga: Di Bulan Ramadhan, Sasa Santan Tebar Inspirasi Kebaikan dengan Berbagi
Aktivitas berbagi pun semakin tinggi di momen tertentu, seperti Bulan Ramadhan, membuat berbagai bentuk bantuan semakin berarti.
Untuk semakin menggairahkan semangat berbagi di kalangan brand dan korporasi, INFOBRAND.ID, melaksanakan program Ramadhan Brand Berbagi 2021, sebagai aktikvitas untuk memfasilitasi para pelaku brand dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat.
Melalui kegiatan ini, INFOBRAND.ID berhasil menggandeng sejumlah sponsor seperti Matrix NAP Info, Pigeon, Herborist, Melia Laundry, Campina Ice Cream, dan Ghanisa Aesthetic.
Baca Juga: SehatQ Hadirkan Sentra Vaksin Covid-19 Keliling untuk Lansia dan Pekerja Publik
Kegiatan tersebut juga didukung sejumlah brand seperti; Herbamuno+, Kopi ABC, Nutrive Benecol, Belfoods, Pronas Kornet & Keju, Frisian Flag, NCS, Wong Coco, Aice, MECCAYA, Okky Jelly Shake, Tango, Chizmill, Super Sol, Fruit Tea, Crispyku Fried Chicken, Roti Ropi, dan TahuTime.
Sponsor dan dukungan dari brand-brand diterima dalam bentuk uang tunai dan berbagai produk, selanjutnya diwujudkan menjadi 1.480 paket kebaikan yang terdiri dari 300 tajil buka puasa, 300 santunan anak yatim piatu, 100 THR marbot musolah/masjid, 180 sembako, 500 bingkisan produk, dan 100 wakaf Qur’an untuk Yayasan.
Masing-masing paket kebaikan tersebut telah didistribusikan dalam waktu 5 hari, Senin-Jumat 3-7 Mei 2021.
Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Konten Fashion and Beauty di TikTok Justru Dapat Respons Bagus
Pembagian dilakukan langsung oleh seluruh tim INFOBRAND.ID yang turun langsung ke lapangan.
Pada hari Senin membagikan tajil di kepada pengguna jalan di tiga titik di Cakung Timur.
Hari Selasa pendistribusian paket sembako untuk marbot di wilayah Cakung Timur.
Hari Rabu pembagian santunan ke Panti Asuhan di Bogor dan paket sembako ke marbot di wilayah Jakarta Timur.
Baca Juga: Burger King Hadirkan Menu Alternatif Nabati Lewat Plant-Based Whopper
Hari Kamis, pendistribusian santunan untuk anak yatim dan bingkisan produk untuk dhuafa di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.
Kemudian hari Jumat, penyaluran santunan untuk anak yatim dan paket sembako ke panti asuhan di Jakarta.
Susilowati Ningsih, selaku CEO INFOBRAND GROUP mengatakan, brand yang bergabung dalam program Ramadhan Brand Berbagi 2021 memiliki tujuan yang sama untuk berbagi di bulan Ramadan.
“Termasuk dalam kegiatan Ramadhan Brand Berbagi ini, semua yang kami dapatkan dari para brand, semuanya untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan,” ujar Susi.
Ramadhan Brand Berbagi tahun ini, merupakan kegiatan tahun ketiga di mana dari tahun ke tahun brand yang bergabung semakin banyak.
Baca Juga: Pola Hidup Bersih dan Sehat Makin Digencarkan Ajinomoto Indonesia
View this post on Instagram
Di tahun sebelumnya, dari kegiatan yang sama hanya berhasil menghimpun dan membagikan 200 kebaikan, sesuai dengan tema Berbagi Untuk 1.000 Kebaikan; Merawat Kepedulian Sosial, Merawat Ekonomi Bangsa, tahun ini berhasil dilipatgandakan menjadi 1.000 lebih paket kebaikan.
Berbeda dari kegiatan tahun sebelumnya, Ramadhan Brand Berbagi 2021 juga dibarengi dengan pemberian apresiasi, Indonesia Corporate Responsibility Appreciation Ramadhan Brand Berbagi 2021.
Apresiasi ini diberikan kepada brand yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Ramadhan Brand Berbagi 2021, dan memiliki kegiatan CSR Ramadhan baik internal maupun eksternal perusahaan.
“Apresiasi ini diharapkan dapat menciptakan image positif perusahaan, dan mendorong seluruh perusahaan dan brand di Indonesia untuk melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan yang sifatnya sosial dengan berbagai program,” jelas Susi.
Baca Juga: Edukasi Masyarakat Tentang Sampah, SMM Gelar Pameran Bumi Rumah Kita
Penyerahan apresiasi Indonesia Corporate Responsibility Appreciation; Ramadhan Brand Berbagi 2021 yang dilaksanakan Jumat, (07/05), menjadi puncak kegiatan Ramadhan Brand Berbagi 2021.
Menteri Agama Republik Indonesia, H. Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik kegiatan tersebut. Dalam sambutannya mengatakan, selaku Menteri Agama menyambut baik inisiatif INFOBRAND GROUP mengajak perusahaan di Indonesia dalam kegiatan sosial seperti Ramadhan Brand Berbagi.
“Kegiatan ini sangat baik dan membantu masyarakat, di tengah kesulitan akibat pandemi yang masih berlangsung,” ujar Yaqut.
Baca Juga: Berdayakan Difabel, Allianz Kembali Gelar Kompetisi Empowered 4.0
Penyerahan apresiasi dilakukan secara virtual yang diikuti brand-brand penerima apresiasi.
Adapun penerima apresiasi Indonesia Corporate Responsibility Appreciation; Ramadhan Brand Berbagi 2021 adalah Matrix NAP Info, Herborist, Herbamuno+, Mustika Ratu, Melia Laundry, Ghanisa Aestetic, Nutrive Benecol, PRONAS, Belfoods, Campina.
Selanjutnya Pigeon, Aice, Wong Coco, Supersol, Fruit Tea, NCS, MECCAYA, Kopi ABC, dan Frisian Flag.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR