NOVA.id - Brand lokal Indonesia semakin lama semakin berkembang dan diminati, tidak hanya di negeri sendiri namun juga di negara-negara lainnya.
Rekomendasi produk fashion lokal kali ini datang dari BohoPanna yang sebelumnya dikenal dengan nama BohoBaby.
Brand ini patut jadi rekomendasi produk lokal karena merupakannsalah satu brand lokal fashion bayi dan anak terbesar di Indonesia, berhasil masuk pasar internasional dan sukses diminati di berbagai negara di Asia, Amerika dan Eropa.
Baca Juga: Rekomendasi Skincare Lokal yang Mengandalkan Bahan Alami untuk Kulit
Menurut Kementerian Perindustrian, Industri apparel merupakan salah satu sektor manufaktur yang perlu didorong untuk tetap produktif dan berdaya saing.
Hal ini dikarenakan, sektor unggulan tersebut masih menjadi salah satu kontributor terbesar bagi pertumbuhan industri manufaktur, yang terlihat dari catatan nilai ekspor sebesar USD 8,30 miliar pada tahun 2019.
Dengan ekspansi yang dilakukan, BohoPanna pun menjadi salah satu kontributor yang mendorong pertumbuhan industri pakaian khususnya fesyen bayi dan anak.
Hal ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa untuk brand lokal Indonesia.
Baca Juga: Penggemar Drama India Wajib Tunggu Tontonan Ini, Intip Trailernya yuk!
Devi Natalia, Founder dan CMO BohoPanna, mengatakan eksistensi di pasar internasional merupakan mimpi dari setiap brand lokal di Indonesia, termasuk BohoPanna, "Kami memiliki mimpi yang besar untuk menjadi basic clothes brand yang dikenal di seluruh dunia untuk kategori Baby and Kids."
"Dan setiap tahunnya kami berusaha untuk terus membuat terobosan-terobosan baru untuk memperkuat pasar kami.”
Rekomendasi produk fashion lokal untuk baju anak ini berhasil membuktikan bahwa Indonesia memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk luar.
"Kami berkomitmen untuk terus memberikan produk yang tidak hanya berkualitas namun juga valuable untuk pelanggan kami. Dan tentunya kami ingin masyarakat Indonesia semakin bangga akan produk buatan Indonesia."
Baca Juga: Atasi Bruntusan dengan Rekomendasi Produk Skincare Lokal untuk Pemula
Pertumbuhan Cepat
Berdiri sejak 2017 dengan modal awal Rp 12 juta, pertumbuhan BohoPanna sangat pesat setiap tahunnya.
Dari yang hanya produksi rumahan dan memasarkan di instagram, hingga telah memiliki manufaktur dan warehouse sendiri dalam kurun waktu yang singkat dan mencatat rerata pertumbuhan penjualan hampir 2 kali lipat setiap bulannya.
Bahkan hingga bulan Mei 2021, BohoPanna sukses menjual lebih dari 1,6 juta produk di berbagai kanal mulai dari website, social media dan marketplace.
Hal ini secara tidak langsung juga turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Baca Juga: Rekomendasi Kuaci yang Memiliki Beragam Rasa Menarik untuk Dicoba
View this post on Instagram
Brand rekomendasi produk lokal ini tak menampik bahwa kemajuan tersebut didukung oleh banyak pihak.
"BohoPanna bisa berkembang seperti saat ini berkat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pelanggan setia kami. Dengan dukungan mereka pulalah, BohoPanna bisa membuka lapangan kerja dan setidaknya ada sedikit andil dalam meningkatkan kesejahteraan negara," ujar Devi.
BohoPanna juga membuka toko pertama mereka di Spanyol. Sementara itu, di Indonesia, BohoPanna hadir di Buiboo store, Mall Kota Kasablanka untuk memberikan pengalaman berbelanja baru bagi para pelanggan di Jakarta.
Baca Juga: Rekomendasi Skincare untuk Pemula: Atasi Komedo dengan Produk Lokal
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
KOMENTAR