NOVA.id - Beruntungnya saat ini enggak susah untuk mencari mitra dan investasi di bisnis waralaba.
Toh, ada banyak artis maupun influencer yang membuka peluang usaha franchise.
Kebanyakan dari mereka bergelut di industri kuliner, seperti Geprek Bensu milik Ruben Onsu, Ayam Jerit milik Titi Kamal, dan Ngikan milik Rachel Vennya.
Baca Juga: 14 Kunci Sukses Franchise Makanan Tradisional
Ditambah banyaknya franchise kuliner kekinian seperti Kopi Janji Jiwa, Roti Kupi, Kamsia Boba, Sabana, Banana Nugget, dan lainnya.
Menurut Oke Nurwan, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, fenomena ini jadi peluang baik bagi kita yang ingin memulai berbisnis karena jadi dimudahkan.
Kita sebagai pemegang waralaba (atau disebut franchisee) cukup menyewa merek dari pemilik waralaba (franchisor) untuk kemudian kita buat “kembarannya” dan jalankan bisnisnya.
Baca Juga: UMKM Bisa Dapat Penghasilan Tambahan dengan Jadi Reseller, Ini Caranya
Tak perlu lagi repot-repot memulai bisnis dari nol, karena mereknya relatif sudah terkenal.
Belum lagi kita juga akan diberikan dukungan produk, serta pendampingan dan training dari si pemilik waralaba.
Baik dari aspek sumber daya manusia maupun pemasarannya, siapa tahu di sini peluang Sahabat NOVA.
Baca Juga: Pentingnya Rewards dalam Bisnis Online Agar Pelanggan Tetap Setia
Apalagi menurut Oke, saat ini franchise di bidang kuliner masih paling terdepan mengungguli bidang lainnya.
Secara statistik, Oke mengatakan kuliner mendominasi sebesar 58.3 persen, diikuti bidang ritel sebesar 15,3 persen.
Di samping itu, margin atau laba di kuliner juga cukup besar, bisa mencapai 15 persen.
Sungguh menggoda, bukan?
Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi untuk Mempermudah Kita Jadi Dropshipper Online
View this post on Instagram
“Ada beberapa potensi yang membuat sektor kuliner ini dapat berkembang. Pertama, adalah potensi pasar yang besar tadi. Makanan, kan, merupakan kebutuhan dasar yang harus terus dipenuhi. Kedua, fleksibel dan mudah dalam memulai dan menjalankan usaha, seperti resep dan bahan, kan sudah disiapkan. Ketiga, tingkat risikonya rendah dan potensi keuntungannya itu lebih besar dibandingkan sektor usaha lainnya,” jelas Oke saat dihubungi NOVA.
Di sisi lain, Tri Raharjo, Ketua Umum Waralaba dan Lisensi Indonesia pun mengungkapkan jika peluang franchise kini mulai bertumbuh dan kembali memberikan peluang bisnis, meski masih dalam situasi pandemi.
“Awal tahun ini kecenderungan orang yang ingin join terhadap bisnis franchise atau jadi franchisee memang sudah mulai bertumbuh kembali. Terutama investasiinvestasi skala tidak terlalu besar. Jadi memang banyak yang diminati di skala Rp100 juta ke bawah,” ujar Tri pada NOVA.
Jadi, berminat buka waralaba kuliner Sahabat NOVA?
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Penulis | : | Maria Ermilinda Hayon |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR