NOVA.id - Kemampuan untuk pintar atur uang harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk para pelaku bisnis.
Pengusaha harus bisa mengatur keuangan dengan baik terlebih di masa pandemi yang semuanya serba tidak pasti ini. Kalau tidak bisa pintar atur uang, risiko bisnis bangkrut bisa menjadi besar.
Untuk menghindari hal itu, lebih baik simak 5 tips pintar atur uang ini yang dilansir Kompas.com dari Cermati.com.
Baca Juga: Anti Boros dan Lebih Pintar Atur Uang? Coba Pakai Metode 50-30-20
1. Catat pengeluaran kecil
Ada beragam jenis pengeluaran saat menjalankan bisnis, mulai dari biaya produksi, menggaji karyawan, biaya listrik atau air, dan sebagainya.
Nah, sebagai pengusaha yang baik, penting bagi kita untuk mencatat semua pengeluaran, baik yang besar maupun kecil.
Apabila pengeluaran kecil diabaikan, bisa berdampak buruk dalam jangka panjang. Pasalnya, akumulasi dari pengeluaran kecil itu totalnya akan besar.
Misalnya, sehari habis satu galon air minum yang harganya Rp 20.000. Kelihatannya sih memang sepele, tetapi kalau dihitung sebulan bisa mencapai Rp600.000.
Bila tidak dicatat, kita tidak akan pernah tahu ke mana larinya uang sebesar itu.
Baca Juga: Butuh Penghasilan Tambahan Saat Pandemi? Ikuti 4 Tips Pintar Atur Uang Ini
2. Hargai uang receh
Saat melakukan transaksi, jangan pernah menyepelekan atau membuang uang-uang receh, seperti Rp200, Rp500, atau Rp1.000.
Uang receh itu harus kita simpan, itung-itung menabung.
Lama kelamaan uang tersebut pun menjadi banyak dan bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.
Tabungan dari uang receh ini bisa Sahabat NOVA gunakan untuk membiayai kebutuhan bisnis kalau sedang kepepet.
Baca Juga: Tips Pintar Atur Uang agar Merdeka Finansial untuk Generasi Sandwich
3. Membuat laporan keuangan
Laporan keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu penting dibuat, bisa tiga bulan sekali atau tahunan.
Dalam laporan keuangan biasanya ada aktiva (aset lancar dan tidak lancar) dan pasiva (liabilitas dan ekuitas).
Sedangkan total aset adalah liabilitas ditambah ekuitas.
Baca Juga: Pintar Atur Uang, Ini Tips Memilih Tas Branded Untuk Investasi Masa Depan
Dengan membuat laporan keuangan, kita bisa mengetahui apakah kita mencetak rugi atau untung selama menjalankan bisnis.
Hal ini berguna sebagai bahan evaluasi terhadap arus keuangan bisnis kita.
Entah itu bisnis besar atau sekelas mikro sekalipun, sangat disarankan membuat laporan keuangan.
Tidak perlu yang rumit, sederhana saja yang penting ada catatan pemasukan dan pengeluaran dalam periode tertentu.
Baca Juga: 4 Instrumen untuk Simpan Dana Darurat, Ada Investasi Emas Online
4. Mempersiapkan dana darurat
Dana darurat juga penting untuk keperluan bisnis.
Tujuannya yaitu sebagai dana cadangan untuk membiayai hal-hal yang bersifat darurat, seperti gaji karyawan dikala tak ada pemasukan, membayar utang jatuh tempo, menyelamatkan bisnis dari krisis, ekspansi, dan lainnya.
Namun, pastikan Sahabat NOVA menghitung alokasi dana darurat usaha dengan matang. Jangan sampai mengganggu anggaran operasional.
Baca Juga: Pintar Atur Uang dengan Dana Darurat dan Hindari Utang Konsumtif di Tengah Pandemi
Lihat postingan ini di Instagram
5. Bayar tagihan tepat waktu
Tagihan-tagihan seperti listrik, air, telepon, internet, utang bank, maupun tagihan dari mitra atau klien harus segera dibayar tepat waktu agar bisa menghindari denda.
Dalam hal ini, Sahabat NOVA perlu mengalokasikan uang untuk pos pembayaran tagihan.
Pastikan dicatat dengan baik. Kemudian lakukan evaluasi setiap bulan untuk mengetahui apakah pemakaian dalam batas wajar atau sudah berlebihan, sehingga harus dilakukan penghematan.
Baca Juga: Tips Menggunakan AC Agar Bisa Hemat Listrik, Ini Suhu Terbaiknya
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Presi |
Editor | : | Alsabrina |
KOMENTAR