NOVA.id – Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Indonesia (PPKM) berlangsung, tidak sedikit pelaku bisnis yang mengalami kerugian, gulung tikar, merumahkan karyawan, hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).
Di sisi lain, bisnis online justru diminati banyak orang dan dianggap sebagai solusi agar bisnis tetap berjalan lancar di masa pandemi, kebutuhan pelanggan tetap terpenuhi, serta lebih aman dari penyebaran covid-19 bila dibandingkan dengan bisnis konvensional atau tatap muka secara langsung.
Salah satu pelaku bisnis yang meraih sukses karena berjualan baju perempuan secara online adalah Vascella Lie, owner dari online shop bernama Ndudshop.
Baca Juga: UMKM NTT Galeri Alekot, Maksimalkan Penjualan Produk Secara Digital
Pada 2005, Vascella pernah membuka toko baju konvensional (offline) di Gedung Chandra Jakarta dengan hanya bermodalkan uang 900 ribu rupiah saja.
Karena suatu alasan, Vascella memutuskan untuk menutup toko konvesionalnya demi fokus pada bisnis online Ndudshop di tahun 2018.
Awal merintis bisnis online memang hanya mendapat beberapa orderan saja dan paling banyak 19 pesanan per hari, namun ia terus belajar mendalami dunia bisnis di era digital yang baru ditekuni.
Baca Juga: Rekomendasi Nasi Padang Enak di Jakarta, Wajib Coba!
Sekarang bisnis online shop Ndudshop sukses dan terus berkembang hingga meraih omzet miliaran rupiah.
Ndudshop adalah toko online khusus untuk belanja kebutuhan fashion wanita, termasuk dress, sweater, cardigan, kemeja, blouse, kaos, celana, rok, dan berbagai jenis setelan wanita dengan model masa kini, fashionable, harga terjangkau, dan kualitas super.
Online shop Ndudshop menyediakan beberapa fashion item impor, namun kebanyakan hasil produksi sendiri dan ada beberapa produk diambil dari supplier lokal.
Baca Juga: Rekomendasi Gado-Gado Enak di Jakarta yang Wajib Dicicipi, Yuk Pilih Lokal Aja!
Jadi, Ndudshop juga membantu mendukung perekonomian para pemasok dan produsen lokal agar tetap stabil dengan mempromosikan baju-baju produksi lokal dengan gaya yang tidak kalah modis dengan tren fashion saat ini.
Selain itu, owner dari Ndudshop ini juga mempromosikan, memberi review, dan memakai produknya sendiri. Jadi, tentu kualitasnya pakaiannya cukup bagus dan karena itu sangat disukai para pelanggan.
Menggunakan platform e-commerce, website jualan ndudshop.com, juga di didukung promosi melalui media sosial Instagram @ndudshop dengan berbagai paid promote dan giveaway, toko online milik Vascella mulai berkembang pesat.
Baca Juga: Rekomendasi Nasi Goreng Enak di Jakarta, Kuliner Lokal yang Manjakan Lidah!
Awalnya hanya memiliki kurang dari 1000 followers, sekarang pengikutnya di Instagram mencapai 142 ribu yang berakibat baik pada omzet harian yang mencapai 500-1000 orderan per hari.
Selama pandemi, bisnis online shop Ndudshop juga tetap mendapat banyak orderan per harinya.
Omzetnya juga cenderung semakin meningkat saat ada flash sale (diskon besar dan kilat) atau harbolnas (hari belanja nasional).
Baca Juga: Nggak Kalah dari Subway, Ini Rekomendasi Sandwich Lokal di Jakarta
Pasalnya, dunia bisnis online atau e-commerce mendukung pedagang untuk tetap terkoneksi dengan calon pembeli dan mendapat keuntungan walau dengan modal kecil, serta lebih disukai oleh pembeli karena prosesnya lebih mudah, tanpa harus keluar rumah, juga menawarkan banyak potongan harga.
Menurut Vascella Lie, bisnis online menjadi solusi agar para pedagang bisa tetap eksis dan mendapat banyak keuntungan karena bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan tidak terbatas, bisnis bisa tetap berjalan bahkan di masa pandemi seperti ini.
Selain itu, pengaturan sistem pembayaran dan keuangan secara online juga dinilai lebih aman dan mudah.
Baca Juga: Rekomendasi Produk Lokal yang Ramah Lingkungan, Dari Madu hingga Anyaman Rotan
View this post on Instagram
Jadi, owner bisa tetap memantau setiap transaksi di mana saja dari ponselnya.
Tidak ada lagi orderan yang didata secara manual, semua sudah masuk ke dalam sistem e-commerce sehingga minim risiko pelarian atau penggelapan uang seperti yang pernah dia alami saat memiliki toko konvensional.
Melalui bisnis online Ndudshop, saat ini Vascella sudah memiliki kantor sendiri dengan 12 karyawan tetap dan beberapa pekerja freelance yang membantunya untuk menjalankan proses distribusi barang, proses produksi, mencatat stok barang, mendata dan menyiapkan pesanan, proses pengemasan paket, hingga mengirimkannya sampai ke perusahaan jasa kurir agar cepat sampai ke pelanggan.
Baca Juga: Rekomendasi Ayam Bakar Enak di Jakarta yang Wajib Dicoba
Bisnis online milikinya juga membantu para karyawan, pemasok baju lokal, tim produksi lokal, dan pihak yang bekerja sama untuk tetap sibuk bekerja dan berpenghasilan di masa pandemi.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR