NOVA.id – Pandemi yang tak berkesudahan membuat dunia usaha sempat kelimpungan.
Bahkan, sampai saat ini banyak UMKM (Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro) yang terus berjuang mempertahankan keberadaannya.
Ya, masa sulit untuk pelaku usaha, khususnya usaha kecil.
Baca Juga: Tekan Angka Stunting, Frisian Flag Indonesia Donasikan 2 Ton Susu Bubuk Pertumbuhan
Melihat hal ini, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) meluncurkan program Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag®: Bersama Majukan UMKM Indonesia secara daring, Rabu (1/12/2021).
Program ini dilakukan sebagai upaya untuk membangkitkan semangat kewirausahaan.
Melalui program ini, FFI memfasilitasi pelaku UMKM dalam membangun bisnis di bidang makanan dan minuman dengan memanfaatkan produk-produk susu kental manis Frisian Flag.
Bagaimana programnya?
Baca Juga: Sekarang, Beli Produk Frisian Flag Bisa Sumbang Susu untuk Tim Garda Terdepan Covid-19, lho
Kedai Kreatif akan menjadi tempat berbagi ide kreatif dan menggali peluang usaha di bidang makanan dan minuman bersama komunitas dan para pelaku bisnis kuliner yang telah berpengalaman.
Para pelaku UMKM akan mendapat pelatihan keterampilan usaha tentang prinsip pemasaran sederhana mencakup product, price, place, dan promotion yang dikaitkan dengan pemasaran digital.
“Kami ingin membantu UMKM agar tetap optimis, bertumbuh, dan berkembang, di tengah situasi saat ini melalui produk susu kental manis Frisian Flag dan kerjasama dengan komunitas. Tidak hanya kreatif menciptakan produk dan memanfaatkan peluang usaha, kami juga ingin membangun kesadaran tentang pentingnya keamanan pangan di antara pelaku UMKM. Sejalan dengan visi perusahaan untuk bangun Indonesia yang Sehat, Sejahtera dan Selaras,” ucap Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia.
Baca Juga: FrieslandCampina Rayakan 150 Tahun Bantu Ibu Penuhi Gizi Keluarga
UMKM menjadi yang paling penting diberi dukungan pasalnya UMKM adalah penggerak roda ekonomi di Indonesia.
Menariknya Kementerian Koperasi dan UKM mencatat peran perempuan dalam pertumbuhan UMKM sebagai penggerak 52,9 persen usaha mikro, 50,6 persen usaha kecil, dan 34 persen usaha menengah.
Wirausaha perempuan di Indonesia mencapai 21 persen, lebih baik dibandingkan rata-rata global yang mencapai 8 persen.
Selain itu, makanan dan minuman adalah bidang usaha yang paling diminati oleh pelaku UMKM Perempuan selain kriya dan fesyen.
Baca Juga: Rayakan HUT ke-65, Marlupi Dance Academy Buat Pertunjukan Tari Sambil Berdonasi
View this post on Instagram
Untuk itu juga, sebagai Langkah pertama dari program Kedai Kreatif, FFI akan bekerjasama dengan komunitas Ibu Profesional untuk memberikan edukasi serta peningkatan kapasitas usaha kepada pelaku UMKM di wilayah Jabodetabek dan Provinsi Jawa Barat.
“Program ini sejalan dengan komitmen Ibu Profesional dalam memberdayakan para ibu untuk menjadi agen perubahan, keberadaannya bermanfaat baik untuk diri sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitar. Ibu Profesional juga menjadi ekosistem para ibu agar lebih percaya diri, memiliki jati diri dan bisa berdiri di atas kaki sendiri (berdikari) dengan cara belajar, berkembang, berkarya, berbagi dan berdampak untuk Indonesia yang lebih baik," sambut Septi Peni Wulandani, Founder Komunitas Ibu Profesional.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Penulis | : | Maria Ermilinda Hayon |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR