NOVA.id – Momen libur Lebaran telah usai. Tapi, tak sedikit masyarakat yang ketagihan untuk jalan-jalan.
Pasalnya saat ini kebijakan pelonggaran perjalanan yang ditetapkan pemerintah.
Mulai 18 Mei 2022 kemarin masyarakat yang bepergian dengan pesawat terbang ke tujuan domestik dan internasional tidak perlu lagi menyertakan tes antigen atau PCR.
Alhasil, pada periode April-Mei 2022, Traveloka mencatat kenaikan pencarian untuk perjalanan domestik sebesar 51,59% dan luar negeri sebesar 82,80% dibandingkan periode Februari-Maret 2022.
Antusiasme ini terefleksi di aplikasi lifestyle superapp Traveloka.
Sepanjang April hingga pertengahan Mei 2022, Traveloka mencatatkan kenaikan traffic dan juga pemesanan transportasi selama libur lebaran, seperti pemesanan tiket kereta api yang melonjak 56%, bus dan shuttle (51%) dan pesawat (39%) dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Tren kenaikan pemesanan juga terjadi pada layanan akomodasi yang mengalami peningkatan hingga 32% dibandingkan dengan kuartal 1 tahun ini dengan destinasi favorit untuk menginap meliputi Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya dan Bali.
Selain layanan akomodasi dan transportasi, layanan Traveloka lain seperti Traveloka Xperience juga mencatatkan pertumbuhan transaksi tertinggi di tahun ini, naik hingga tiga kali lipat terutama untuk produk-produk atraksi wisata serta spa dan kecantikan.
Traveloka Eats juga mengalami peningkatan penjualan sepanjang bulan Ramadan kemarin hingga 62% saat jam buka puasa.
Baca Juga: Biar Aman dan Nyaman, 5 Hal Ini Penting Diperhatikan Sebelum Mudik Lebaran
Lihat postingan ini di Instagram
Hal ini berimbas positif terhadap bisnis ribuan mitra Traveloka dan menambah optimisme mereka untuk turut mendukung pemulihan ekosistem pariwisata nasional.
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
Penulis | : | Siti Sarah Nurhayati |
Editor | : | Alsabrina |
KOMENTAR