NOVA.id - Mantan anggota idol grup JKT48, Melati Sesilia sempat menjadi perbincangan publik.
Ada video di TikTok yang memperlihatkan Melati eks JKT48 berjualan nasi bakar.
Diketahui, usaha jualan nasi bakar Melati eks JK48 itu dilakukan di pinggir jalan Johar Baru, Jakarta Pusat.
Bisa dibilang, Melati Sesilia berhasil memanfaatkan media sosial sebagai wadahnya untuk mempromosikan bisnis tersebut.
Melati membagikan kisahnya lewat siniar Cuan episode, “Bisnis Story: Nasi Bakar Kuali Kuning”.
Melati mengaku bahwa kiprahnya yang pernah tergabung dalam grup musik JKT48 membantunya untuk mempromosikan bisnisnya melalui fitur Live Tiktok.
Awal Mula Ide Bisnis Muncul dan Realisasinya
Dimulai dari kecintaannya terhadap nasi bakar buatan sang ibu, Melati memberanikan diri memulai bisnisnya.
Selain itu, ia juga melihat peluang atas kekosongan dalam bisnis nasi bakar.
Melati juga memanfaatkan pengetahuan masyarakat yang mengetahui rasa dari nasi bakar, namun belum menemukan penjual yang tepat.
Itulah mengapa, masyarakat tertarik untuk mencoba nasi bakar milik Melati.
Perempuan kelahiran tahun 2000 ini juga mengatakan bahwa penetapan harga pada bisnisnya ini merujuk pada survei tempat dirinya berjualan.
Itu sebabnya, harga yang Melati tetapkan terjangkau.
Selain karena rasa dan harganya yang terjangkau, pemilihan tempat bisnisnya yang di pinggir jalan itu menjadi kelebihan sendiri dan memperbesar keuntungan bisnisnya.
Berbicara rasa, Melati juga mengatakan pada awalnya ia hanya menyediakan dua rasa.
Namun seiring berjalannya waktu, semenjak pelanggan dan omset meningkat, ia mulai menambah varian rasa.
Viral dan Kenaikan Omset yang Drastis
Pada hari pertama, nasi bakar kuali kuning hanya berhasil terjual tiga bungkus.
Bisnis yang dijalankan Melati kian hari kian memburuk. Akan tetapi, dengan strategi promosi dan branding yang tepat, serta momentum baik, nasi bakar kuali milik Melati berhasil bertahan.
Viralnya bisnis ini diawali dari rasa bosan Melati hingga ia melakukan siaran langsung saat berjualan.
Berawal dari hanya sekitar tiga puluh orang yang menonton siaran langsungnya. Tanpa sadar, ada yang merekam tayangan Melati dan menyebarkannya hingga kemudian aksi Melati saat berjualan pun viral.
Pada akhirnya, bisnis ini meluas dari mulut ke mulut karena yang mencobanya secara langsung pun mengakui kualitas rasa dari nasi bakar ini.
Baca Juga: Kompetisi Bisnis Kian Ketat, Tiga Tips Sukses Ini Penting untuk Diperhatikan!
View this post on Instagram
Ditambah, kedatangan dari beberapa konten kreator baik yang menggeluti platform Tiktok atau YouTube turut membesarkan nama bisnis Melati.
Omset Penjualan Nasi Bakar Kuali Kuning dan Tips Memulai Usaha
Melati mengakui bahwa omset bersih yang ia terima setiap harinya kini mencapai enam juta rupiah, dengan total nasi bakar yang terjual sebanyak tiga ratus bungkus lebih.
Untuk bisnis yang baru berjalan sekitar tiga bulan, keuntungan yang didapat sudah kembali berkali-kali lipat.
Hal ini tentu tidak mudah dilakukan, namun kita dapat mempertimbangkannya dengan langkah-langkah berikut.
Simak lebih lanjut cara Melati mengembangkan bisnisnya dan mengelolanya hingga kini dalam siniar Cuan episode, “Bisnis Story: Nasi Bakar Kuali Kuning” hanya di Spotify!
Baca Juga: Ingin Dapat Uang Tambahan dari Usaha Rumahan? Berikut 10 Ide Bisnis Tanpa Modal Banyak!
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Strategi Melati Eks JKT 48 Kembangkan Bisnis Nasi Bakar Kuali Kuning.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Presi |
Editor | : | Presi |
KOMENTAR