NOVA.id - Dunia kosmetik yang sangat dinamis dan keinginan konsumen yang terus berubah.
Hal ini menuntut para pelaku industri kosmetik terutama para marketer dan product developer selalu membekali diri dengan knowledge update terkait produk dan bisnis pada industri ini.
Situasi tersebut mendorong Skinproof, sebuah independent research company yang fokus pada kosmetik, personal care dan wellness, kembali meluncurkan portfolio service baru yaitu Consumer dan Sensory Research.
Ini merupakan upaya mendukung pelaku industri dalam melakukan inovasi.
Head of Skinproof Theresia Sinandang mengatakan, melalui consumer dan sensory research, Skinproof dapat membantu para pelaku industri kosmetik untuk semakin mengenal produk dari persepsi yang bisa dirasakan langsung oleh konsumen.
"Pemahaman apa yang ada di benak konsumen pada produk kosmetik melalui pendekatan five senses (touch, sight, smell, taste, and sound) menjadi informasi berharga untuk mengetahui pengalaman pemakaian produk dan memastikannya sudah sesuai dengan keinginan konsumen," Theresia pada peluncuran portfolio service baru ini, Selasa (11/10/2022) di Hotel Ra Suite, Tb Simatupang, Jakarta.
Dia menjelaskan, data sensori produk merupakan aspek yang penting pada saat melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan untuk berbagai area di proses inovasi.
Mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis atau kompetitior, hingga respon penerimaan konsumen dan area lain.
"Semua itu dapat menghasilkan strategi marketing yang baik melalui komunikasi produk yang akurat dan dapat dirasakan secara langsung oleh konsumen," ujarnya.
Theresia menegaskan, Skinproof berkomitmen penuh untuk berkontribusi dalam setiap proses inovasi produk bagi para pelaku kosmetik, personal care & wellness.
"Skinproof juga hadir sebagai organisasi riset independen yang menyediakan data dan melakukan evaluasi dari aspek penerimaan konsumen, sensorial produk, manfaat dan kemanan produk kosmetik, personal care & wellness," ujarnya.
Baca Juga: Dibully Karena Warna Kulit, Brisia Jodie Justru Didapuk Jadi Brand Ambassador Skincare!
View this post on Instagram
Untuk mendukung layanan inovatif tersebut Skinproof menggelar Cosmetic Sensory Workshop.
Head of Consumer & Sensory Research Tantri Riyanthi mengatakan, Cosmetic Sensory Workshop ini diinisiasi oleh Skinproof bersama para praktisi di bidang consumer dan sensory science.
"Workshop ini bertujuan untuk mempromosikan keilmuan produk sensori di kosmetik dan menjadi tools yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan produk kosmetik serta memastikan keberhasilan produk diterima oleh konsumen," ucapnya.
Workshop ini menghadirkan DR-ING Dase Hunaefi, S.T.P., M. Food. S.T, Sensory Scientist-IPB University, Member of Sensory Society Profesional, Member of Asesindo (Asosiasi Sensory Indonesia).
Baca Juga: Mengenal Lebih dalam Tentang Peptides, Kandungan pada Skincare yang Multimanfaat!
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
KOMENTAR