NOVA.id – Meski kota metropolitan, namun ada banyak potensi pariwisata Jakarta.
Mulai dari keberagaman wisata sejarah, budaya, kuliner, hingga wisata alam yang tentunya sangat menarik bai wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk menjelajah pariwisata di Jakarta.
Melihat potensi ini, Disparekraf DKI Jakarta selalu berupaya untuk mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Jakarta melalui beragam kampanye di bawah payung Enjoy Jakarta.
Saat in salah satu program yang diinisiasi oleh Disparekraf adalah pembuatan sebuah web series dengan judul "Tiba-Tiba ngeGuide.”
Web series in berangkat dari sebuah fenomena global yang coba kita tangkap dan terapkan untuk Jakarta, yaitu film-induced tourism.
Singkatnya, fenomena ini ditandai dengan meningkatnya jurlah Kunjungan wisata pada suatu lokasi yang dijadikan sebagai lokasi syuting film.
“Seperti halnya yang terjadi pada film Laskar Pelangi, AADC, Filosofi Kopi dan film-film populer Indonesia lainnya, jumlah kunjungan wisatawan di lokasi tersebut meningkat pasca penayangan film-film tersebut. Hal ini juga merupakan salah satu strategi dan langkah nyata dalam mempromosikan pariwisata Jakarta di era pasca pandemi. Harapannya dengan menonton web series ini semakin banyak orang yang tertarik untuk berwisata di Jakarta," ungkap Andhika Pertama, Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.
Sinopsis Tiba-Tiba ngeGuide menceritakan kisah seorang pria bernama Ujal yang hobi menjelajah Jakarta menggunakan alat transportasi umum.
Ia sedang memasuki fase quarter life crisis dan merasa bimbang dalam menentukan arah hidupnya.
Baca Juga: Inspirasi Tempat Nongkrong Baru di Jakarta dengan Konsep Kekinian, Bisa Coba Bareng Teman!
Ujal memiliki kemampuan merangkai cerita, dan menyampaikan pengetahuan tentang sudut kota Jakarta yang sangat dicintainya dengan sangat menarik.
Penulis | : | Maria Ermilinda Hayon |
Editor | : | Widyastuti |
KOMENTAR