NOVA.ID - Jika ART (asisten rumah tangga) yang kita pesan dari aplikasi kerjanya bagus, bersih, dan jujur, tentu kita akan senang dan puas.
Bisa-bisa kita jadikan langganan asisten rumah tangga di aplikasi dalam jangka waktu lama.
Tapi, kalau asisten rumah tangga yang kita pesan bikin ulah, tentu kita bisa naik pitam dan ogah pesan jasanya untuk kedua kali.
Bahkan, bisa jadi tak mau lagi menggunakan aplikasi.
Tak dimungkiri ada saja peluang kita mendapatkan ART yang suka berulah.
Mulai dari yang kerjanya tidak rapi, tidak ramah, hingga mereka yang berani lancang mencuri atau merusak barang di rumah.
Asal tahu saja, saat ini banyak berita beredar soal ART yang menjadi maling di rumah majikannya sendiri.
Ada juga beberapa kasus ART yang kedapatan merusak barang tapi tak mau ganti rugi.
Memang, malang tak dapat ditebak.
Kejadian demi kejadian ini pun pastinya membuat kita perlu lebih hati-hati dan kritis dalam mempekerjakan orang di dalam rumah.
Nah pertanyaannya sekarang, apakah jika menggunakan aplikasi ART kita mendapat jaminan atau garansi saat ART yang disewa berulah?
Baca Juga: Rekomendasi 5 Layanan Sewa Asisten Rumah Tangga Online dan Tarifnya
Lalu, jika kejadian kriminal terjadi saat kita memesan jasa ART dari aplikasi, apa yang harus dilakukan?
Tenang, Data Ada di Tangan
Sebenarnya bila kita menggunakan jasa ART yang tergabung dalam aplikasi, kita sudah mendapat jaminan aman dari penyedia jasanya.
Seperti yang diungkapkan Jessica Giovanni, CEO GoMaid, di GoMaid, calon ART akan terlebih dulu dimintakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli guna menjamin keamanan dan kenyamanan dari konsumennya kelak.
Langkah ini diambil sebagai salah satu tindak pencegahan dari beragam kejadian yang tidak diinginkan, sehingga bisa memperkecil risiko kerugian.
Bagaimana penanganan bila terjadi masalah, tentu setiap penyedia jasa punya caranya masing-masing.
Bisa saja dilakukan investigasi dulu terhadap kasusnya, seperti yang dilakukan di GoMaid.
Kalau terbukti itu adalah kesalahan mitra dari penyedia jasa, baru ditindaklanjuti.
Dan konsumen bisa melaporkan ke pihak berwajib. Untuk kasus seperti ini, pihak GoMaid bisa menyerahkan semua data yang dibutuhkan konsumen yang ingin membawa kasus ke pengadilan.
Sudah Terikat Ketentuan
Tak hanya masalah-masalah besar dan kriminal, kita juga bisa menyampaikan keluhan masalah teknis yang berhubungan dengan pekerjaan si ART jika tidak sesuai yang dijanjikan.
Baca Juga: 6 Kriteria Asisten Rumah Tangga Idaman Ibu, ART Kamu Termasuk?
Misalnya, dalam waktu dua jam yang telah disepakati pekerjaan tak kunjung tuntas.
Atau masih banyak tempat yang tidak dibersihkan secara maksimal yang membuat kita tak puas. Itu semua menjadi hak kita asal memang sesuai ketentuan.
Nah, untuk menyampaikan komplain ini juga ada caranya.
“Jika merasa kurang puas dengan hasil kerja dari si mitra on demand, maka kita mengizinkan konsumen memberikan keluhan langsung saat si mitra itu ada di tempat,” saran Jessica.
Kenapa harus demikian?
Kalau sudah lewat, penyedia jasa sulit membuktikan bahwa apa yang dikeluhkan tersebut benar dilakukan oleh ART mitranya, baik itu masalah teknis pekerjaan maupun kasus kriminal.
Tapi, jangan sampai juga asal menyampaikan komplain.
Sebelum menggunakan jasa dari sebuah aplikasi, pastikan kita sudah membaca term and conditions-nya dulu.
Dan kalau ternyata memang benar-benar ingin komplain, yuk simak cara pengaduan keluhannya!
Jika tidak puas dengan kinerja ART, kita bisa mengajukan garansi pada penyedia layanan.
Beberapa aplikasi telah menyiapkan layanan customer service (CS) 24 jam untuk kita bisa menyampaikan keluhan saat terjadi ketidakpuasan di lapangan.
Umumnya CS ini melayani melalui akun WhatsApp Business yang dirujuk dari aplikasi maupun Instagram penyedia layanan, seperti pada GoMaid dan Kliknclean.
Sedangkan palikasi lainnya seperti OkHome menyediakan jalur komunikasi dan komplain melalui pengiriman pesan di aplikasi dan website-nya.
Beberapa aplikasi juga memperkenankan kita memberikan rating dan review sebagai cara kontrol kualitas dan menjaga kepuasan konsumen.
Namun ada juga yang sistem rating-nya lebih berisifat internal seperti yang dilakukan GoMaid, sehingga hasilnya tidak ditampilkan pada aplikasi.
Nah, tak bingung lagi kan jika ingin komplain ketika asisten rumah tangga online bikin masalah? (*)
Penulis | : | Maria Ermilinda Hayon |
Editor | : | Maria Ermilinda Hayon |
KOMENTAR