NOVA.id - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.
Namun sayangnya, dari 65 juta UMKM, hanya 1% yang tergolong skala menengah, sementara lainnya tergolong UKM.
Berangkat dari ini, Leonard Theosabrata selaku Founder dari LTD & Brightspot Market dan Direktur Utama LLP-KUKM menyebut pihaknya mendorong perkembangan UMKM melalui pasar lokal urban yaitu Brightspot Market 2023.
“Jadi untuk bisa mendorong naik kelas, salah satu upaya yang kita lakukan di Brightspot selama 14 tahun, tetap harus memperjuangkan UMKM naik kelas,” jelas Leonard.
Dalam konferensi pers Brightspot 2023 yang digelar di Plaza Senayan itu, Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Leonard Theosabrata juga berikan tips dan insight baru untuk pemilik bisnis lokal.
Apa saja tips bagi pelaku bisnis lokal untuk bisa berkembang?
Berinovasi dengan Teknologi
Sahabat NOVA bisa melihat inovasi teknologi menjadi alat pendukung bagi ekonomi kreatif dan membantu manusia dalam beradaptasi dengan perubahan ini, sehingga dapat memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif.
“Penting bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan Industri Kreatif lokal untuk mengadopsi pendekatan yang bijaksana dalam pengembangan inovasi teknologi,” ungkap Leonard Theosabrata selaku Founder dari LTD & Brightspot Market dan Direktur Utama LLP-KUKM
Fokus pada produk
Sebagai pemilik bisnis lokal ataupun UKM, Leonard Theosabrata berharap produk bisa menjadi fokus dari pebisnis sekarang ini.
Dengan banyaknya peluang, menciptakan produk yang berkualitas menjadi kunci keberlanjutan dari bisnis itu sendiri.
Rilis Inclusivision Project, Honda Beri Wadah Teman Color Blind Ekspresikan Diri
Penulis | : | Tiur Kartikawati Renata Sari |
Editor | : | Tiur Kartikawati Renata Sari |
KOMENTAR