NOVA.id - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.
Namun sayangnya, dari 65 juta UMKM, hanya 1% yang tergolong skala menengah, sementara lainnya tergolong UKM.
Berangkat dari ini, Leonard Theosabrata selaku Founder dari LTD & Brightspot Market dan Direktur Utama LLP-KUKM menyebut pihaknya mendorong perkembangan UMKM melalui pasar lokal urban yaitu Brightspot Market 2023.
“Jadi untuk bisa mendorong naik kelas, salah satu upaya yang kita lakukan di Brightspot selama 14 tahun, tetap harus memperjuangkan UMKM naik kelas,” jelas Leonard.
Dalam konferensi pers Brightspot 2023 yang digelar di Plaza Senayan itu, Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Leonard Theosabrata juga berikan tips dan insight baru untuk pemilik bisnis lokal.
Apa saja tips bagi pelaku bisnis lokal untuk bisa berkembang?
Berinovasi dengan Teknologi
Sahabat NOVA bisa melihat inovasi teknologi menjadi alat pendukung bagi ekonomi kreatif dan membantu manusia dalam beradaptasi dengan perubahan ini, sehingga dapat memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif.
“Penting bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan Industri Kreatif lokal untuk mengadopsi pendekatan yang bijaksana dalam pengembangan inovasi teknologi,” ungkap Leonard Theosabrata selaku Founder dari LTD & Brightspot Market dan Direktur Utama LLP-KUKM
Fokus pada produk
Sebagai pemilik bisnis lokal ataupun UKM, Leonard Theosabrata berharap produk bisa menjadi fokus dari pebisnis sekarang ini.
Dengan banyaknya peluang, menciptakan produk yang berkualitas menjadi kunci keberlanjutan dari bisnis itu sendiri.
“Saya tetap percaya produk-produk-produk! Produk itu penting sekali.
Fokus di produk itu akan membuat kita bisa menjawab apakah kita sebagai penduduk Indonesia apakah sudah akan bisa menyiapkan lapangan kerja untuk nanti golden years kita di 2045.” Jelas Leonard.
Jangan hanya fokus jualan online
Bukan saatnya lagi Sahabat NOVA pusing harus jualan online atau offline.
Saat ini, kedua hal itu harus bisa diselaraskan untung menjangkau pembeli yang lebih luas.
“Pergeseran strategi dari online ke offline atau hybrid, menghadirkan tantangan baru bagi para pelaku industri kreatif.
Dalam tema kali ini, kami mengajak brand lokal untuk kembali mengintegrasikan strategi daring dan luring guna menjangkau lebih banyak audience,” ujar Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Future 10.
Brightspot Market 2023 yang bekerjasama dengan BCA Goodlife akan digelar mulai tanggal 28 September 2023 di Mal Plaza Senayan dengan menghadirkan lebih dari 200 brand lokal yang dikurasi dari 800 brand yang mendaftar.
Brighspot Market 2023 mengangkat tema “The Future is Human”, dengan maksud mengajak seluruh audience untuk memaknai jalinan koneksi antara manusia, alam dan teknologi.
Dengan membawa pesan bahwa pemanfaatan kecerdasan teknologi yang tepat justru dapat memberikan ruang bagi manusia untuk berkreasi dan mendapatkan inspirasi tanpa batas. (*)
Penulis | : | Tiur Kartikawati Renata Sari |
Editor | : | Tiur Kartikawati Renata Sari |
KOMENTAR