Nougatworld Cinta Dalam Sekotak Permen
Claudia Syanny Latif (39) sudah sejak dulu menyukai nougat. Awalnya ia memakai nougat sebagai olesan roti. Lantaran enak dan banyak yang memesan, Claudia lantas melirik bisnis camilan nougat. "Ternyata banyak yang suka juga. Resepnya sebenarnya banyak di internet, tapi saya membuat campuran sendiri. Gula dimasak lalu dicampur putih telur dan diolah dengan kacang," jelas Claudia saat ditemui di kantornya, Boulevard Timur, Kelapa Gading, Jakarta.
Dengan modal awal Rp 5-10 juta, Claudia mendirikan Nougatworld pada tahun 2011. Pemesanan online melalui website www.nougatworld.com pun membanjir, dari yang awalnya berkisar 300 kotak sebulan hingga 1000 kotak. Harganya juga tak terlampau mahal. "Sekotak nougat isi 20 harganya Rp 40-57 ribu, tergantung rasa. Ada pula family pack yang harganya hanya Rp 15 ribu," jelas pengusung moto Spread the Love for Love is Yummy ini.
Claudia menyediakan 10 variasi rasa, mulai dari susu, strawberry, blueberry, cranberry, grean tea, kopi, cokelat, dan kacang macademia yang jadi favorit konsumen. Seluruh bahan bakunya tanpa pengawet. "Kami bahkan memakai potongan strawberry dan cranberry asli. Padahal di Indonesia cranberry jarang dipakai di permen," ujar Claudia yang juga menggunakan green tea dan kopi kualitas bagus ini. "Susunya asli dari New Zealand."
April nanti, jajanan nougat ini bakal hadir di berbagai supermarket di Indonesia. "Setelah itu, saya akan mengeluarkan selai nougat. Pokoknya rasanya unik dan belum ada yang jual," ujarnya berpromosi.
Kini, Claudia lebih konsentrasi untuk terus menjaga kualitas produknya. Apalagi membuat nougat termasuk susah dan tak sembarang orang bisa membuatnya. "Semua pegawai saya diberi pelatihan khusus untuk membuat. Rahasianya, saat mengaduk harus kompak. Begitu salah satu tidak kompak, produk akan gagal." Lucunya, jika dilihat sepintas banya orang salah mengira nougat buatannya sebagai dodol. "Padahal ini, kan, cemilan nougat yang mengandung susu, gula, telur, dengan rasa unik," ujar Claudia sembari tertawa.
Gerobak permen dengan warna-warni menarik tampak menonjol di riuhnya pusat perbelanjaan. Ya, gerai Fantasy Lollipop (LP) ini memang jadi daya tarik di sejumlah mal di berbagai kota. FL adalah produk dari PT Pancara Mulia Sejati yang juga memproduksi jus buah kemasan merek Sunripe. "Pemilik perusahaan yang kerap jalan-jalan ke luar negeri melihat permen lollipop banyak dijual. Dia melihat belum ada pasar lokal yang menggarapnya," tutur Arbella Salim, Corporate Marketing Executive PT. Pancaran Mulia Sejati menjelaskan asal-usul FL.
Tampilan permen-permen di FL sengaja dibuat memikat, dengan bentuk bulat dan gagang yang jadi trademark lollipop. "Kami beri nama Fantasy karena kami inngin mewujudkan fantasi anak-anak," tambah Arbella.
Meski idenya berasal dari luar negeri, seluruh bahan baku FL ternyata lokal dan berkualitas tinggi. "Glukose, perwarna dan perasanya lokal. Ini agar produksi terus berjalan dan tenaga kerja dari dalam negeri semua."
Jika kebetulan sedang bertandang ke store FL di Central Park dan Mal Pondok Indah, calon pembeli juga bisa melihat proses pembuatan yang dilakukan setiap hari mulai pukul 13.00 sampai 18.00. Pengelola sengaja menjadwalkan 3-4 kali pembuatan sehari untuk menarik calon pembeli sekaligus lebih mengenalkan rock candy, salah satu varian produk FL. Di kesempatan tertentu seperti Valentine, "FL mengeluarkan permen bentuk mawar," kata Arbella.
KOMENTAR