Apa yang dilakukan Indira Bayurini (28), Smita Diastri (29), Shasya Pashatama (31), Dian Novita Hananto (24) dan Dinadya Rachma Kinasih (25) begitu inspiratif. Kelima perempuan ini memanfatakan teknologi mikrobloging Twitter dengan baik, sehingga tanpa diduga bisa membuahkan hasil luar biasa.
Berawal dari iseng, Indi dan Smita memanfaatkan Twitter untuk mengisi waktu luang. "Akhir Agustus 2010, usai melahirkan, saya cuti tiga bulan. Teman-teman menjenguk sambil bawa beragam hadiah dan majalah. Di antaranya Majalah Bobo. Di majalah itu ada sejumlah pertanyaan untuk anak-anak SD. Iseng-iseng, untuk mengisi waktu, saya jawab," ungkap Smita.
Ketika Indi, kakak ipar Smita, datang. Indi ikut tertarik pada sejumlah pertanyaan yang ada di majalah anak-anak berikon kelinci itu. "Saya minta satu untuk dibawa pulang. Asyik juga mengisi pertanyaan-pertanyaan itu. Malah ada beberapa di antaranya yang bisa bikin saya ketawa sendiri," jelas Indi.
Sampai suatu hari, suami Indi terlambat pulang karena harus mengikuti kegiatan kantor. "Sambil menunggu suami pulang, Smita menemani saya mengobrol di Twitter sambil iseng melontarkan pertanyaan-pertanyaan dari Majalah Bobo. Karena iseng, jawabannya juga iseng. Ternyata, kegiatan ini memancing teman-teman lain untuk ikut menjawab dengan konyol dan iseng juga, sehingga bikin kami tertawa."
Bahan UAN
Rupanya, keisengan Indi dan Smita diikuti teman lain, Dian. "Dian sampai pinjam buku Ujian Akhir Nasional keponakannya supaya bisa melontarkan pertanyaan lebih banyak lagi. Mulai, deh, semakin lama semakin ramai. Ketika itu, kami masih pakai akun Twiter pribadi. Saking serunya nge-tweet, kami sampai kena limit, tidak lagi bisa mengirim tweet baru karena harus menunggu sampai 24 jam," tukas Indi seraya tertawa.
Akibat kelucuan yang ditimbulkan mereka di Twitter melalui pertanyaan dan jawaban yang iseng itu, akhirnya banyak sekali yang menjadi follower mereka. "Teman-teman yang lain lalu minta kami bikin akun tersendiri yang khusus untuk mengirimkan banyak pertanyaan. Akhirnya, 19 Oktober kami buat akun tersendiri dan lahirlah @soalBOWBOW, yang saat itu namanya masih @soalBobo," beber Indi.
Hanya beberapa jam setelah dibuat, sudah banyak yang jadi follower-nya. "Dalam semalam saja hampir 5 ribu orang! Keesokan harinya, suami minta saya mengubah namanya. Alasannya, takut terkena pelanggaran hak cipta dan memberikan imej negatif terhadap majalah anak-anak itu karena jawaban soalnya iseng dan konyol," jelas Indi.
Karena itu, Indi mengubah nama akunnya jadi @soalBowBow. "Kami juga mengganti gambar avatar, yang awalnya ikon Majalah Bobo. Avatarnya aku minta tolong teman untuk mendesainnya," tambah ibu dua anak ini.
Selain dua perempuan ini, juga turut bergabung Dian (Dedee), Shasya dan Dinadya (Naniet). "Meski iseng, kami punya tugas masing-masing untuk mengurus @soalBowBow. Yang sedang punya waktu kosong, dia yang melempar soal. Yang lain, tugasnya me-ReTweet."
Meskipun tidak ada keuntungan yang didapat secara finansial, ujar Indi, mereka semua dengan senang hati mengurus @soalBOWBOW. "Capek, sih, tapi capek ketawa," tukas Indi sambil terbahak.
Seminggu setelah pembuatan akun ini, "Kami diundang Motion Radio untuk diwawancara mengenai @soalBowBow. Nah, sejak itu follower kami makin bertambah. Selanjutnya, kami juga sudah mulai bisa bagi-bagi hadiah untuk para follower yang sudah ikut menjawab dan berhasil jadi pemenang," ucap Indi.
Dalam satu hari, pertambahan jumlah follower @soalBOWBOW bisa dibilang sangat drastis. "Ketika jumlahnya sudah mencapi 99.999 orang, kami semua deg-degan, kapan bisa mencapai 100 ribu orang. Untuk menunggunya, saya sampai enggak bisa lepas pegang BlackBerry (BB) untuk terus memantau. Ke manapun saya bawa BB, bahkan sampai ke kamar mandi. Ha ha ha," kenang Indi.
Ketika akhirnya sampai di angka 100 ribu follower, "Saya langsung teriak kegirangan di kamar mandi, saking senangnya," tukas Indi.
Setelah mencapai angka itu, Indi dan kawan-kawan mengaku sudah tak pernah lagi memantau jumlah follower berikutnya. "Tapi ada teman yang mengingatkan, sudah ada 200 ribu lebih follower @soalBowBow. Benar-benar enggak menyangka akan bisa seperti ini. Hebatnya lagi, follower @soalBOWBOW enggak hanya bisa diajak bercanda, tapi juga bisa diajak serius. Misalnya, belum lama ini kami menggalang bantuan untuk korban bencana dengan nama BowBow Peduli dan mereka ikut terlibat."
Iseng Berhadiah
Kini, @soalBOWBOW mulai membawa sedikit perubahan pada kehidupan 5 orang sahabat ini. "Sekarang kami seperti selebritis, banyak yang minta wawancara dan mengajak kerja sama," seloroh Indi.
Karena itulah, mereka sepakat untuk mulai menggarap @soalBOWBOW lebih serius. Mereka pun mengaku sudah memiliki manajer untuk mengurusi soal tawaran kerja sama yang mulai membanjir. Selain dari Motion Radio, operator telepon selular pun pernah menggandengnya untuk memberi hadiah bagi para pemenang. Selanjutnya, kata Indi, masih ada tiga perusahaan besar lain yang berminat bekerja sama.
Dengan mempekerjakan manajer, Indi berharap ia dan keempat temannya tidak dimanfaatkan orang lain. "Kami juga enggak mau terkesan memanfaatkan follower. Jadi, nantinya ada keuntungan bagi follower dan kami. Yang jelas, kami tak akan mengubah format yang sudah ada," papar Indi.
Memilih pemenang untuk setiap jawaban dari soal yang diberikan, menurut Indi, memang tak ada acuan pastinya, lantaran follower-nya saja ada 200 ribu lebih. Melainkan tergantung dari jawaban yang benar-benar unik, berbeda dari yang lain, dan bisa membuat tertawa. "Akibatnya, ambang lucu kami semakin lama, semakin naik. Begitu pula sebaliknya, kami harus berjuang keras mencari pertanyaan yang bisa memancing jawaban nyeleneh."
Yang pasti, lanjut Indi, ia dan keempat sahabatnya tak menggunakan sistem KKN untuk memilih pemenang. "Banyak juga, sih, yang marah karena enggak dipilih sebagai pemenang dan di-ReTweet karena merasa jawabannya sudah sangat lucu. Jangankan mereka, suami-suami kami yang ikut menjawab saja enggak pernah kami ReTweet. Jadi, kepada para follower yang belum kami ReTweet jawabannya, sabar ya!" tutup perempuan yang pernah jadi guru Bahasa Jepang ini.
Edwin Yusman F / bersambung
KOMENTAR