Orang menyebut studio pembuatan serial Upin & Ipin ini dengan Kantor Les'Copaque (baca: le kopak). Meski berbau Prancis, PH itu asli milik orang Melayu, Burhanuddin Bin MD Radzi (Managing Director). Menurut Burhan, Les'Copaque sebetulnya hanya bahasa plesetan saja, agar terdengar unik. Les' berasal dari last atau terakhir dan kopek, istilah saat menarik kartu di Malaysia. Sehingga kurang lebih le kopek bermakna keberuntungan terakhir.
Animasi memang bisnis spekluasi, sekaligus tantangan bagi Burhan. Awalnya, ia adalah pengusaha sukses di bidang perminyakan dan gas. Suatu ketika, Burhan berhenti dan menjual saham perusahaannya.
Menariknya, Ainun sebelumnya hanya ibu rumah tangga biasa. Hanya saja ia punya hobi menonton, entah film Bollywood, Hollywood, hingga film Indonesia. Belakangan, Ainun lah yang banyak terlibat dalam pembuatan cerita Upin & Ipin.
Karakter Upin & Ipin pada awalnya tokoh sampingan dari film Geng (karakter utama film Geng, remaja Badrol dan Lim). Namun, tingkah polah Upin & Ipin lebih mencuri perhatian khalayak di Malaysia. Di tahun 2007, si kembar "ditarik" untuk dibuat dalam serial teve khusus Ramadhan. Serial yang tiap episode berdurasi 7 menit itu dimaksudkan untuk mendidik anak-anak dalam berpuasa.
Latar belakang kampung dan berbagai jenis permainan anak sengaja ditampilkan agar pemirsa orangtua pun bisa bernostalgia. "Jika anak bertanya mengenai hal itu, itulah tujuan yang kami inginkan ," imbuh Burhan.
Tak disangka Upin & Ipin yang di Malaysia ditayangkan di TV 9, sukses. Kisahnya dinilai cukup berhasil menuturkan makna Ramadhan secara menarik. Seperti mengapa berpuasa, takbiran, sahur, nuzulul qur'an, Lebaran, dan sebagainya. Ceritanya dinilai banyak orangtua sebagai referensi dalam mendidik anak berpuasa. "Sampai sekarang DVD-nya banyak yang memesan. Bahkan, dari Amerika dan Australia."
Kerja Les' Copaque berlanjut di tahun-tahun berikutnya dengan membuat Upin & Ipin: Setahun Kemudian (2008) dan Upin & Ipin dan Kawan-Kawan (2009)
Burhan dan Ainun telah menyangka dalam tempo sekitar 4 tahun tayangan ini yang lalu menjadi idola banyak anak. Selain di TV 9 dan TPI, Upin & Ipin tayang di Disney Channel (disiarkan di17 negara). "Di Facebook penggemar dari Indonesia mendominasi. Penggemar dari Filipina kini mulai bermunculan," ujar Burhan senang.
Ahmad Tarmizi/ bersambung
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
KOMENTAR