NOVA.id – Bagi ibu bekerja yang juga memiliki segudang aktivitas rumah tangga yang dikerjakan sendiri, tentu bekerja di rumah merupakan pilhan yang ideal.
Namun, tentu kita harus bisa mengatur waktu dan butuh disiplin tinggi.
Nah, untuk meyakinkan diri, pastikan kita sudah mempersiapkan beberapa hal berikut.
(Baca juga: Yuk, Selamatkan Laut Indonesia dengan Mengurangi Penggunaan Sedotan Plastik!)
1. Motivasi Kuat
Bekerja dari rumah, artinya kemandirian dan inisatif pribadi menjadi hal utama.
Sebab tak ada yang mengawasi atau mendikte kita melakukan pekerjaan ini itu.
Bagi mereka yang terbiasa bekerja berdasarkan order, hal ini bisa menyulitkan.
Harus ada motivasi yang kuat dari diri sendiri untuk menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan, mengalahkan rasa malas untuk menunda-nunda, membuat prioritas atau menghadapi berbagai godaan dalam bekerja.
Termasuk mencari solusi atas permasalahan yang mungkin kitatemui dalam bekerja.
(Baca juga: Pensiun dari Dunia Keartisan, Nana Mirdad Kini Sibuk Jadi Pebisnis)
2. Dukungan Keluarga
Sebelum memutuskan, pastikan lingkungan rumah (pasangan, anak atau keluarga) mendukung keputusan kita.
Artinya, meski secara teori kita full-time di rumah, bukan berarti waktu kita tersita untuk tugas domestik.
Pembagian tugas dengan pasangan juga perlu dibicarakan.
Misalnya setelah kita seharian bersama anak, malam adalah waktu suami bersama anak untuk membacakan dongeng atau menemani anak belajar.
(Baca juga: Apa Kata Zodiak Minggu Ini?)
3. Manajemen Waktu
Kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh pekerja rumahan adalah merasa bahwa waktu tidak terbatas.
Padahal, banyak ‘pencuri waktu’ yang datang tanpa disadari.
Misal terlalu lama berkutat di depan televisi, keasyikan bersosial media atau bersosialisasi dengan tetangga, atau bermain-main dengan si kecil.
Meski bekerja di rumah, kita perlu tegas membagi waktu.
(Baca juga: Apartemen Taylor Swift Dibobol Pria Tak Dikenal, Ini yang Terjadi)
Salah satu cara dengan membiasakan bekerja pada waktu yang sama setiap harinya.
Kita harus bisa memilah kapan waktu untuk bekerja, kapan untuk break, kapan untuk bersama dengan anak.
Penggunaan waktu yang tidak efisien seringkali menjadi penyebab kita kerap merasa lelah.
Bahkan tak jarang kita merasa lebih lelah bekerja di rumah ketimbang ketika bekerja sebagai ‘orang kantoran’.
(Baca juga: Ingin Berhasil Turunkan Berat Badan? Begini Cara yang Perlu Dilakukan, Mudah kok Asal Konsisten!)
4. Ruang Kerja Khusus
Sebisa mungkin, ciptakan ruang khusus untuk bekerja.
Bisa sebuah kamar, atau sebuah sudut ruangan yang disepakati sebagai ‘ruang bekerja’.
Sehingga anak belajar memahami, bahwa meski ibu sedang di rumah, ketika ia berada di ruangan tersebut, ibu sedang bekerja dan sebisa mungkin tidak mengganggu.
Nah, sudah siapkah bekerja dari rumah? (*)
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR