Merancang Kitchen Set yang Nyaman

  • Senin, 19 Mei 2014 11:00 WIB

girya

"Pakailah warna-warna terang untuk dapur yang tidak terlalu luas. Contohnya, warna putih yang terkesan bersih dan terang. "

Begitu pula yang disampaikan Ina Rachmawati, dari I'nA House. Ia menyebutkan, KS adalah tempat untuk memasak dan menyiapkan makanan yang penataannya tak bisa dilakukan sembarangan. "Alurnya harus baik, tempatnya pun harus bersih dan sehat. Yang jelas, harus mudah dalam pengoperasian aktivitas dapur, terutama lalu lintas di sekitar kitchen set," pungkasnya.

Ibu dua anak ini memberi ilustrasi. Saat pemilik rumah datang usai berbelanja, barang-barang belanjaan yang basah seperti ikan, ayam, dan sayur-sayuran, serta belanjaan kering seperti minyak goreng, garam, dan mi, sebaiknya segera disimpan pada area penyimpanan, seperti lemari es atau lemari dapur. Itulah alur yang harus diperhatikan di ruangan ini. Begitu pula saat penghuni hendak memotong, mencuci, memasak, dan mengambil perkakas dapur, alurnya harus disesuaikan.

"Jika dapurnya besar, lalu lintas tak menjadi masalah karena pasti penggunanya leluasa bergerak. Tapi, bagaimana dengan keterbatasan ruangan yang dimiliki? Apalagi, rata-rata rumah atau apartemen sekarang, kan, ukurannya kecil. Makanya, dibutuhkan keahlian saat mengorganisasikan setiap area di dapur," ujar arsitek yang bekerja di bidang desain interior ini.

Lebih Teratur
Memiliki KS akan membuat pekerjaan memasak menjadi lebih mudah karena semua sudah terorganisasi dengan baik. "Mau mencari pisau, bumbu, atau piring akan lebih cepat. Tak perlu bingung mencari karena masing-masing memiliki tempat tersendiri yang dibuat sedari awal."  

Ina menekankan, saat memutuskan membuat KS penghuni harus memikirkan fungsi lebih dulu, baru harganya. "Kebanyakan, kan, dipakai asisten rumah tangga, bukan pemiliknya. Mereka belum tentu paham cara perawatannya. Jadi, pilihlah bahan teraman dan terawet. Jangan sampai, KS mudah rusak atau membuat celaka orang."

Ia pun memberi gambaran, pembuatan satu buah kitchen set rata-rata menghabiskan biaya berkisar Rp2,5 juta sampai Rp4 juta per meter panjang alias panjangnya ruangan dapur. "Itu harga untuk kabinet atas atau bawahnya saja, belum termasuk home appliances, top table, atau backwall."

Pilih Warna
Pada prinsipnya, pilihan warna untuk diaplikasikan pada KS sangat tergantung pada selera penghuni. "Namun, dapur yang kecil sebaiknya tidak memakai warna gelap. Jika tetap menyukai warna gelap, gunakan sebagai pemanis saja," sarannya.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×