Tanya Jawab Psikologi NOVA: Aku Bingung Mendidik Kedua Anakku yang Beranjak Remaja

By Tiur Kartikawati Renata Sari, Selasa, 9 April 2019 | 20:00 WIB
Tanya Jawab Psikologi NOVA: Aku Bingung Mendidik Kedua Anakku Yang Beranjak Remaja (Pixabay/ParentRap)

NOVA.id - Membesarkan dan mendidik anak merupakan hal yang tidak mudah.

Apalagi, kala anak beranjak remaja dan memiliki banyak sudut pandang yang berbeda dengan kedua orang tuanya, mendampingi adalah hal paling dibutuhkan.

Lantas, bagaimana mengatasi kegalauan untuk para orang tua mendidik anak remaja? Simak jawaban dari sang psikolog andal yang telah tayang di Tabloid NOVA edisi 1617.

Baca Juga : Doa Harian Reino Barack Sebelum Nikahi Syahrini: Dekatkan Bila Jodoh, Jauhkan Sesegera Mungkin Bila Tidak Jodoh

Yth. Bu Rieny. 

Saya adalah seorang perempuan berusia 45 tahu, saya dan suami sudah dikaruniai dua orang anak, seorang putri yang saat ini berusia 17 tahun dan seorang putra yang berusia 14 tahun, akan tetapi saya kebingungan untuk mendidik dan menegur kedua anak saya yang sedang di masa remaja ini.

Kedua anak saya memiliki perbedaan yang signifikan, sang kakak lebih pendiam, tetapi jika dilihat dari nilai sekolah memang tidak terlalu bagus, sementara adiknya yang lebih aktif dan cenderung bandel justru malah memiliki nilai yang cukup bagus di sekolah.

Ketika saya ingin berkata kepada sang kakak untuk meningkatkan nilainya, saya takut akan menyakiti hatinya, selama ini saya selalu bertanya kepadanya tentang masalah yang sedang dihadapinya, tapi dia tidak pernah memberi tahu masalah apapun yang terjadi, saya tidak tahu apakah dia memiliki kesulitan dalam belajar atau bagaimana, nilainya semakin lama semakin turun semenjak SMP.

Baca Juga : #JusticeForAudrey Siswi SMP Ini Dikeroyok 12 Siswa SMA hingga Alami Pembengkakan di Organ Kewanitaannya