6 Makanan Pemicu Munculnya Jerawat, Salah Satunya yang Sering Kita Konsumsi Setiap Hari!

By Widyastuti, Rabu, 18 September 2019 | 08:00 WIB
6 Makanan Pemicu Munculnya Jerawat, Salah Satunya yang Sering Kita Konsumsi Setiap Hari! (Just Herbs)

NOVA.id - Jerawat selalu menjadi masalah kompleks bagi para perempuan. Gangguan keseimbangan hormon disebut-sebut sebagai penyebab nomor satu timbulnya jerawat.

Tak heran, perempuan di usia produktif antara 15 - 25 tahun begitu rentan mengalami masalah ini. Pelbagai penyebab lainnya cenderung dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat, stres, faktor genetika serta asupan makanan.

Diet seringkali dikaitkan sebagai langkah penyembuhan jerawat menurut banyak dokter kulit dan pakar kecantikan di dunia. Mungkin, sudah saatnya untuk mengubah apa yang kita makan demi mengatasi gangguan penampilan kulit wajah nomor satu ini.

Baca Juga: Ibunda Meninggal Dunia, Rio Febrian Minta Maaf Tak Bisa Dampingi di Saat Terakhirnya

Terdapat 6 jenis makanan penyebab jerawat yang patut kita hindari. Yang cukup mengejutkan, ternyata cokelat tidak termasuk dalam daftar tersebut. Penasaran?

1. Susu

Berita buruk bagi kita penyuka olahan susu kemasan dan lainnya. Pasalnya, American Academy of Dermatology baru-baru ini mengatakan bahwa konsumsi susu bisa memicu jerawat. Mengapa? Lalu, bagaimana untuk memenuhi asupan kalsium bagi tulang?

"Hormon pada olahan susu kemasan adalah kesalahannya. Susu menyebabkan lonjakan hormon sehingga tubuh memproduksi jerawat tertentu. Ganti susu sapi dengan susu almond, susu beras, atau susu kelapa. Ganti kebutuhan nutrisi kalsium dengan buah pisang yang kaya vitamin dan kalsium," terang Dr. Frank Lipman, dokter pengobatan integratif dan fungsional sekaligus pendiri Eleven Eleven Wellness Center di New York City.